6/30/2013

Cara Download Buku-Buku Pelajaran (Ebook) Untuk Kurikulum 2013

Sekolah Bapak dan Ibu Guru terpilih sebagai Sekolah Sasaran Penerapan Kurikulum 2013 Juli mendatang? Sudah punya ebook-ebook (buku elektronik) terkait mata pelajaran yang Bapak atau Ibu Guru ampu? Kalau belum, Bapak dan Ibu Guru bisa simak artikel berikut tentang Cara Download Buku (Ebook) berbagai Mata Pelajaran dan Tingkatan serta Kelas untuk Kurikulum 2013 dari blog Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Model-Model Pembelajaran yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
Untuk memulai download, Bapak/Ibu guru harus terlebih dahulu login (jika Bapak/Ibu sudah punya akun di situs bse.kemdikbud.go.id), jika belum punya akun maka Bapak dan Ibu Guru harus terlebih mendaftar. Untuk Bapak/Ibu yang belum punya akun, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mendaftar untuk Download Ebook Kurikulum 2013 di Situs bse.kemdikbud.go.id.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftar di situs download buku sekolah elektronik milik kemdikbud:
  1. Sebagai syarat untuk mendaftar, Bapak/Ibu guru harus mempunyai email.
  2. Buka situs http://bse.kemdikbud.go.id
  3. Lihat tampilan halaman situs download bse dari kemdikbud:
    situs resmi kemdikbud untuk download buku Kurikulum 2013
    Situs resmi kemdikbud untuk download buku Kurikulum 2013
  4. Klik tombol Daftar yang terdapat di bawah menu utama.
  5. Lihat, akan muncul tampilan formulir pendaftaran. Catat user name dan password anda di buku dan simpan dengan baik, karena nanti diperlukan untuk proses Login saat ingin mendownload ebook. Perhatikan gambar berikut:
    halaman pendaftaran situs resmi kemdikbud untuk download BSE
    halaman pendaftaran situs resmi kemdikbud untuk download BSE
  6. Isikan seluruh data yang diminta dengan benar.
  7. Masukkan kode verifikasi (konfirmasi password).
  8. Klik tombol Daftar
  9. Jika pendaftaran sukses, akan muncul halaman berikut.
    pendaftaran di situs download bse kemdikbus sukses
    pendaftaran di situs download bse kemdikbus sukses

Cara Login dan Download Ebook Kurikulum 2013

Bila Bapak/Ibu Guru telah sukses terdaftar di situs BSE (Buku Sekolah Elektronik) milik Kemdikbud, maka Bapak dan Ibu Guru akan bebas mendownload file ebook untuk Kurikulum 2013, dan juga ebook BSE lainnya. Total jumlah ebook (buku pelajaran elektronik) yang tersedia di sini mencapai 1.331 buku dan tentu akan terus bertambah. Baiklah yuk kita simak cara login dan mendownload ebook (bse) berikut:
  1. Buka halaman http://bse.kemdikbud.go.id
  2. Isikan user name dan password yang diminta, lalu klik Login
  3. Bila proses login berhasil akan muncul tampilan berikut.
    proses login download buku kurikulum 2013 berhasil
    Bila berhasil login akan muncul halaman berikut
  4. Klik menu Kurikulum 2013 yang terdapat di sebelah kiri atas halaman, anda akan dibawa ke halaman yang berisi kumpulan buku-buku pelajaran untuk Kurikulum 2013.
  5. Cari buku yang anda ingin download.
  6. Bila sudah menemukan, lanjutkan dengan mengklik tombol Download berupa panah hitam mengarah ke bawah yang diberikan, ini akan membawa anda ke halaman download buku tersebut.
  7. Klik tombol Download (dalam bentuk tulisan) di bawah deskripsi buku.
  8. Periksa juga, media pendukung yang mungkin disertakan untuk didownload.

Demikian artikel tentang Cara Download Buku-Buku (Ebook) Untuk Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

6/13/2013

Cek SK Tunjangan Profesi (Sertifikasi) tahun 2013 Online

Cek SK Tunjangan Profesi (Sertifikasi) tahun 2013 Online

Silakan kunjungi halaman berikut (Situs Resmi P2TK Dikdas Kemdikbud) dengan mengklik alamat url yang disediakan untuk melakukan cek SK Pembayaran Tunjangan Sertifikasi / SK Pembayaran Tunjangan Profesi tahun 2013, yaitu http://116.66.201.163:8000/

Cara Cek SK Tunjangan Profesi (SK Pembayaran Tunjangan Sertifikasi tahun 2013)

  • Buka halaman (situs) P2TK Dikdas dengan mengklik tautan berikut: http://116.66.201.163:8000/
  • Bila halaman depan situs P2TK Dikdas sudah terbuka, Amati bagian sebelah kanan halaman.
  • Anda akan menemukan sebuah formulir LOGIN yang meminta anda memasukkan 16 digit NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan PASSWORD.
  • Setelah anda mengetikkan NUPTK, isilah 8 digit PASSWORD dengan format YYYYMMDD yang merupakan tahun -bulan-tanggal kelahiran anda.
  • Klik Tombol LOGIN yang berwarna biru
  • Tunggu beberapa saat, jika server tidak sibuk maka SK Tunjangan Profesi Anda (SK Pembayaran Tunjangan Sertifikasi) anda akan ditampilkan, dengan catatan: DATA ANDA DI DAPODIK TELAH VALID MENGAJAR 24 JAM. Tampilannya akan seperti ini:

Apa Saja Isi dari SK Tunjangan Profesi Anda (SK Pembayaran Tunjangan Sertifikasi)?

SK Tunjangan Profesi (SK Pembayaran Tunjangan Sertifikasi) memuat:

A. Data Guru

Data guru yang dimuat di dalam SK Tunjangan Profesi (SK Pembayaran Tunjangan Sertifikasi tahun 2013) ini meliputi: (1) NUPTK; (2) Nomor Peserta; (3) NRG; (4) NIP; (5) Nama; (6) Tempat Tugas; (7) Kabupaten; (8) Propinsi;

B. Keterangan tentang Tunjangan Profesi/ Sertifikasi

Data tunjangan profesi meliputi: (1) Status Sk; (2) Tanggal SK; (3) Nomor SK; (4) Nama pada SK; (5) Golongan; (6) Masa Kerja; (7) Tempat Tugas; (8) Kabupaten; (9) Provinsi; (10) Bank Penerima; (11) Cabang Bank

C. Persyaratan Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Di Bank

Persyaratan yang harus dibawa guru ke Bank
Selain mengisi formulir, guru juga diminta untuk membawa dokumen persyaratan
(Jika rekening sudah aktif dan guru sudah memegang buku rekening dimaksud, abaikan persyaratan tersebut)

Syarat Umum Pencairan Di Bank:

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy Kartu NUPTK/NRG (jika ada)
  3. Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan guru di sekolah tersebut dan dicantumkan NUPTK, NRG, Nomor Peserta dan alamat sesuai KTP

Syarat Khusus Pencairan Di Bank:

  1. Apabila terjadi perbedaan NUPTK, guru yang bersangkutan harus membawa fotocopy Sertifikat Pendidik atau SK Tunjangan Profesi pada tahun Anggaran 2013
  2. Apabila terjadi perbedaan nama antara KTP dengan SK dan nama di rekening, guru yang bersangkutan harus membawa surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan perbedaan tersebut

Syarat Tambahan untuk Guru Mutasi :

  1. Dokumen pada persyaratan umum ditambah dengan :
  2. Copy Surat Keputusan mutasi bagi PNS
  3. Surat Keterangan mutasi dari Yayasan/Komite/Kepala Sekolah bagi guru bukan PNS

Keterangan tentang SK Tunjangan Profesi Online:

Data yang ditampilkan pada halaman web ini (SK Tunjangan Profesi Online) tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan dan data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan.

Informasi Tentang Kapan Tunjangan Sertifikasi (Tunjangan Profesi tahun 2013) Dicairkan

Beberapa pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh ketika berada di acara peresmian Politeknik Negeri Sambas, Sabtu (9/3) yaitu:
  • Apabila pendataan tuntas, diperkirakan bulan April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair.
  • Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah membentuk tim untuk memproses tunjangan sertifikasi guru. Termasuk jika ada kemacetan pencairan tunjangan sertifikasi. Diakui adanya keterlambatan bahkan masih simpang siurnya pelunasan dana sertifikasi guru.
  • Sertifikasi guru tetap jalan terus. Saat ini tim terkait pencairan dana sedang melakukan pendataan dan validasi.
  • Untuk tunjangan khusus guru perbatasan, dipermudah dan diperlancar dibayar setiap triwulan sekali dengan besaran satu bulan gaji pokok.
  • Tunjangan khusus guru perbatasan harus diperhatikan dinas pendidikan kabupaten/kota wilayah perbatasan, dan.setiap guru yang bertugas di wilayah perbatasan otomatis menerima tunjangan khusus perbatasan sesuai aturan yang berlaku.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat P2TK Pendidikan Dasar, Komplek. Kemdikbud Gedung C Lantai. 18 Jalan Jenderal Sudirman Jakarta.

6/12/2013

WEBSITE PENTING YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN

WEBSITE PENTING YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN

Cara Cepat Cek Data Guru dan Download Formulir NUPTK

Sebagai Operator Sekolah, adalah sebuah kewajiban untuknya dalam melakukan Cek Data Guru Secara Berkala. Dengan melakukan pengecekan data PTK, Operator dapat mengetahui apakah data yang di kirim telah valid atau masih terdapat kekurangan. Bagi Operator yang memiliki guru tidak begitu banyak, pengecakan data akan mudah dilakukan. Namun Sebuah kendala  bagi Operator sekolah yang memiliki PTK yang banyak, misalnya guru SMP.

Berikut ini akan saya share bagaimana Cara Cepat Cek Data Guru dan Download Formulir NUPTK tanpa harus berulang kali memasukkan NUPTK dan tangga lahir PTK tersebut. Cara ini membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian awalnya. Namun bila sudah bisa menggunakan kode HTML cara ini pasti sudah sangat mudah di lakukan.


Download script html di link Sini, Extract file tersebut ke folder d komputer anda.

Hasil extract file ada satu buah file dan 1 folder yang ada di folder zip. Klik kanan pada file CEK DATA GURU dan Open With >  Notepad
Dalam file terdapat bahasa HTML, sekarang kita bisa menambal dan mengubah nama nama PTK.
<td class="psdg-right" style="text-align: left;" width="310px">&nbsp;&nbsp;Nama Guru 2</td>
<td class="psdg-right" style="text-align: left;" width="100px">&nbsp;&nbsp;<a href="http://223.27.144.195:8313/info.php?admin=1&amp;nuptk=isi nuptk" target="_blank">Cek Dapodik</a></td>
<td class="psdg-right" style="text-align: left;" width="100px">&nbsp;&nbsp;<a href="http://padamu.kemdikbud.go.id/unduh/formulir-A01?nuptk=isi nuptk" >Cek NUPTK</a></td> 
Ganti "Nama Guru" Dengan Nama PTK
Ganti "Isi Nuptk" Dengan NUPTK Guru

Ubah semua nama Guru dengan Nama Guru dan NUPTK di sekolah anda. Sekarang save data dengan cara tekan tombol Ctrl + S.

 Setelah data di simpan, masuk kembali ke folder data yang anda extract dan buka file CEK DATA GURU. Data Tersebut akan terbuka di browser default komputer anda.

Untuk anda yang ingin melihat contoh file bisa klik di http://file.konsel.net/aplikasi/cek%20data%20guru/CEK%20DATA%20GURU.htm Untuk cek data dapodik klik cek dapodik dan Klik Cek NUPTK untuk cek formulir padamu negeri.

Selamat Mencoba, Pasti Bisa !!

Cara Pengajuan NUPTK Online Terbaru 2013

Cara Pengajuan NUPTK Online Terbaru 2013

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia.
NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:
Sertifikasi PTK
Uji Kompetensi PTK
Diklat PTK, dan
Aneka Tunjangan PTK
Melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI akan diterbitkan layanan khusus Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Layanan Pengajuan NUPTK Baru hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum menerima NUPTK.
Gambaran secara umum, mekanisme Pengajuan NUPTK Baru 2013 akan dilaksanakan dengan pengisian Formulir Pengajuan NUPTK Baru secara online langsung oleh PTK bersangkutan. Selanjutnya PTK mencetak isian Formulir Online tersebut dan dilengkapi syarat berkas dokumen lain untuk diserahkan ke Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Prosedur untuk PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan)

ALUR 01 – PENGAMBILAN & PENYERAHAN FORMULIR A01 / A02 / A03 / A04

Alur ini menggambarkan prosedur awal yang dijalani oleh PTK, dalam pengambilan Formulir
PTK mengisi dan melengkapi berkas prasyarat yang tercantum dalam formulir.
Setelah Formulir diserahkan dan diperiksa oleh Petugas, PTK mendapatkan Tanda Bukti VerVal lv.1

CARA DOWNLOAD DATA NISN SEKOLAH SELURUH INDONESIA

Satu lagi terobosan yang dilakukan tim PDSP Kemdiknas perihal NISN, menindaklanjuti banyaknya permintaan informasi tentang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), per tanggal 16 Mei 2013 pukul 00.00 WIB dibuatlah website khusus untuk mempermudah mendapatkan data NISN siswa per sekolah (bukan per siswa), dengan adanya menu ini jelas akan mempermudah sekolah khususnya jenjang SMA untuk mendapatkan data NISN. Karena dengan NISN akan menjadi syarat khusus bagi siswa kelas XII untuk mengikuti seleksi Bidik Misi maupun SNMPTN. Namun layanan ini diperuntukkan bagi sekolah yang telah mengajukan NISN baru. Setelah Anda mengajukan NISN baru via website resmi NISN ( nisn.data.kemdiknas.go.id ), tunggulah data anda di proses 7 x 24 jam. Setelah itu silahkan anda download data anda (data NISN baru) di layanan DOWNLOAD DATA NISN ini.
Cara mendownload data NISN (pengajuan baru)
1. Masuklah ke website Sistem Informasi Peserta Didik KLIK DISINI

2. Pilih Provinsi dimana sekolah anda berada
Contoh: Jawa Tengah klik Jawa Tengah
3. Pilih Kabupaten dimana sekolah anda berada.
Contoh : Kab. Purbalingga
4. Maka akan ada keterangan sekolah-sekolah yang telah mengajukan NISN Baru dari tanggal 1 Agustus 2012, Lalu klik sekolah anda . (Jika Ada/ jika anda telah mengajukan NISN Baru)
Contoh : SD Negeri 1 Jetis
Untuk mempermudah anda mengambil NISN tersebut, di website ini juga ada menu download ke format Excell juga, di bagian paling bawah data NISN sekolah anda. Mudah Bukan???
5. Jika anda ingin lebih mudah, masukan saja NPSN sekolah anda pada PENCARIAN BY NPSN di kanan atas tulis NPSN sekolah anda, tunggu sesaat, jika ditemukan klik sekolah anda.


LIHAT NISN SECARA NASIONAL

Data Referensi Peserta Didik adalah informasi data individu peserta didik (NISN) yang telah tervalidasi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN ) yang terkini.
Informasi data Peserta Didik bersumber dari pengajuan penomoran NISN.
Terima kasih, atas dukungan semua pihak, kami berharap Data Referensi Peserta Didik ini dapat memberikan manfaat dan kemajuan bersama bagi pendataan pendidikan di Indonesia.

Update : untuk tahun ajaran 2014/ 2015 PDSP kembali melakukan pendataan NISN yang pengerjaannya diserahkan ke sekolah masing- masing, dalam hal ini dikerjakan oleh operator dapodik, untuk mencheck NISN siswa bisa dilakukan melalui LINK INI atau disini, jika terdapat kesalahan atau ketidakcocokan atau tidak sesuai segera lakukan perbaikan segera mungkin DISINI. atau DISINI

6/04/2013

FAQ Seputar VerVal NUPTK 2013

Sudah melakukan VerVal NUPTK 2013 di situs padamu.kemdikbud.go.id? Atau anda mempunyai beberapa pertanyaan tentang VerVal NUPTK di situs tersebut? kami mencoba mengumpul berbagai pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban yang terserak di dinding facebook http://www.facebook.com/pages/PADAMU-NEGERI-KEMDIKBUD/364177387035912?fref=ts yang merupakan fanpage resmi situs padamu. Yuk disimak.

FAQ Seputar VerVal NUPTK 2013 di Situs Padamu Negeri

Pertanyaan:
Ada berapa jenis Formulir VerVal Ulang NUPTK 2013 dan apa fungsinya masing-masing?
Jawaban:
  1. Formulir A01 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya dan masih aktif di Sekolah Induk tsb.
  2. Formulir A02 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya, namun saat ini sudah mutasi/pindah ke Sekolah Induk lainnya.
  3. Formulir A03 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya belum teridentifikasi NPSNnya.
  4. Formulir A04 = Bagi NUPTK yang statunya saat ini menjadi Pengawas Sekolah.

Pertanyaan:
Siapakah yang seharusnya berperan aktif dalam VerVal NUPTK 2013 di situs padamu?
Jawaban:
Pada program PADAMU NEGERI yang lebih aktif adalah PTK masing-masing, yaitu untuk entri data secara online mandiri. Rekan admin/operator hanya bertugas melakukan cek dan memberi persetujuan dari hasil entri PTK di sekolah masing-masing.

Pertanyaan:
Sudah seberapa jauh kemajuan VerVal NUPTK 2013 di situs padamu?
Jawaban:
Dilaporkan oleh Tim Admin PADAMU NEGERI status unduhan formulir VerVal NUPTK 2013 sejak 20 s.d 24 Mei 2013 sbb:
Total Unduh Formulir (Unik NUPTK) = 1.032.451
Dengan Rincian:
Unduhan Formulir A01 = 675.788 NUPTK
Unduhan Formulir A02 = 30.099 NUPTK
Unduhan Formulir A03 = 313.836 NUPTK
Unduhan Formulir A04 = 12.740 NUPTK

Pertanyaan:
Kapan VerVal NUPTK 2013 secara resmi dapat dilakukan?
Jawaban:
Terima kasih atas respon para PTK yang luar biasa dalam partisipasi persiapan VerVal Ulang NUPTK 2013. VerVal dapat dimulai tanggal 3 Juni 2013.

Pertanyaan:
Apa manfaat PTK memiliki akun hak akses Layanan PADAMU NEGERI
Jawaban:
  1. PTK dapat memutakhirkan data personal masing-masing dengan penuh tanggungjawab setiap waktu darimana saja dan kapan saja.
  2. Dengan melengkapi data personal masing-masing PTK memiliki data rujukan pribadi bagi program pendataan lain baik dari Kemdikbud dan atau institusi pendidikan terkait lainnya.
  3. Membantu meringankan beban kerja para admin/operator sekolah yang bisa lebih fokus pada proses verifikasi dan validasi data PTK bersangkutan.
  4. Turut berperan aktif membantu BPSDMPK-PMP dalam melaksanakan program-program pengembangan SDM dan penjaminan mutu pendidikan berbasis pada data faktual yang lebih akurat dan akuntabel dari para PTK langsung.

Pertanyaaan:
Bagaimana cara memperbaiki data yang telah terisi dan isianya salah
Jawaban:
Saat proses VerVal Level 2 berlangsung

Pertanyaan:
Katanya program padamu negeri ini akan dimulai bulan Juni, tetapi sampai sekarang tidak ada sosialisasi baik dari pihak LPMP atau dinas pendidikan kabupaten/kota, surat yang sampai ke sekolah juga tidak ada. Sepertinya pusat sengaja menggembor-gemborkan berita ini di media sosial hanya untuk uji publik atau kepentingan lainnya. Itu terbukti dari banyak komentar-komentar yang tidak ditanggapi oleh admin. 
Jawaban:
Ditunggu saja bagaimana sesungguhnya. Harap bersabar, melalui media sosial ini (facebook fan page) adalah salah satu upaya untuk sosialisasi program PADAMU NEGERI

Pertanyaan:
Sumber data PTK diambil di mana? soalnya saya sudah mutasi NUPTK dari SD ke SMP kemudian valid untuk di dapodik tapi setelah saya cek di situs PADAMU NEGERI masih memakai data yang lama
Jawaban:

Sumber data dari program situs Padamu Negeri berasal dari  SIM NUPTK periode 2012

Petanyaan:
Saya adalah PTK yang belum mempunyai NUPTK, sangat berharap secepatnya diproses bagi yang mengusulkan NUPTK. Bagaimana ini?
Jawaban:
Silakan diusulkan nanti sesuai jadwal mulai akhir Juni 2013

Pertanyaan:
Ada berapa macam tipe akun pada layanan PADAMU NEGERI?
Jawaban:
  1. Akun Institusi. Tipe akun ini bersifat tetap mengikat pada institusi. TIdak bisa dihapus/dinonaktifkan. Akun institusi ini dapat didelegasikan kepada person yang ditunjuk oleh pimpinan institusi. Contoh: Surat Aktivasi Akun yang dibagikan oleh LPMP melalui Dinas Pendidikan Kab/Kota ke sekolah-sekolah.
  2. Akun Individu Publik. Tipe Akun ini bersifat personal publik tidak terikat dengan institusi manapun. Cara mendaftarkan tipe akun ini melalui layanan SIAP Komunitas di www.siapku.com (basis email individu).
  3. Akun Individu Institusi. Tipe Akun ini bersifat personal bagi para anggota resmi yang terikat dengan institusi. Akun Individu Institusi diterbitkan oleh Admin / Operator Institusi terkait. Contoh: Akun untuk PTK (basis NUPTK/PEGID), Akun untuk Siswa (basis NISN/SIAPID) hingga Akun Komite Sekolah.
  4. Akun Admin/Operator Institusi. Tipe Akun ini merupakan Akun Individu Publik atau Akun Individu Institusi yang didaftarkan dan diberi hak akses sebagai anggota grup Admin / Operator pada institusi oleh pengelola Akun Institusi.
Pertanyaan:
Apa yang harus disiapkan operator Dinas terkait aktivasi sekolah?
Jawaban:
Beberapa hal yang harus disiapkan operator Dinas Pendidikan Kab/Kota antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Mendistribusikan surat aktivasi akun ke setiap Sekolah yg ada di wilayahnya.
  2. Memastikan surat aktivasi diterima pihak yang benar.
  3. Mensosialisasikan cara aktivasi baik melalui media pertemuan (jika memungkinkan) dan cara-cara elektronik lainnya.
  4. Memonitor kemajuan proses aktivasi sekolah melalui aplikasi.
  5. Membantu sekolah melalui petugas kecamatan untuk sekolah-sekolah yang mengalami kesulitan.
  6. Menerbitkan surat akun aktivasi sekolah yang NPSN-nya tidak ditemukan, baik melalui cetak ulang maupun penerbitan NPSN sementara.
  7. Berkoordinasi dengan LPMP untuk bantuan solusi sekolah di area terpencil, terluar, dan terbelakang.

Pertanyaan:

Apa yang akan dilakukan operator Sekolah dalam proses aktivasi dan VerVal level 1?
Jawaban:
Yang harus dilakukan operator sekolah antara lain:
  1. Membuat email sekolah untuk reset password jika password akun sekolah lupa.
  2. Mengaktifkan akun sekolah sesuai surat aktivasi akun sekolah yang dibagikan.
  3. Menerima formulir A01 dari PTK yang sekolah induknya di sekolah tersebut.
  4. Memverifikasi formulir dengan dokumen lampiran yang dipersyaratkan. Jangan segan-segan menolak dan meminta revisi ke PTK jika tidak sesuai.
  5. Mengisi form aplikasi sesuai formulir yang telah diverifikasi tadi.
  6. Mencetak surat tanda bukti input data yang juga memuat akun aktivasi PTK yang bersangkutan.
  7. Menyerahkan surat aktivasi akun PTK ke PTK yang bersangkutan.
  8. Menyimpan berkas yang diserahkan PTK ke TU Sekolah.

Pertanyaan:
Di sekolah saya ada 12 PTK. Namun hanya 5 PTK yang bisa downlod A01, dan yang 8 orang lagi adanya formulir A03. Bagaimana untuk yang 8 orang ini supaya dapat formulir A01?
Jawaban:
Ikuti panduan sebagaimana tertera pada formulir A03 untuk mendapatkan Formulir A01

Pertanyaan:
Data NUPTK sekolah induk saya di SMPN 3 sedangkan saya sekarang di SMPN  2. Setelah mendownload formulir,  yang muncul formulir AO3.  Siapakah yang harus menandatangani formulir saya? Apakah kepsek SMPN 3 atau kepsek SMPN 2?
Jawaban:
Formulir yang diunduh sudah benar, Formulir A03. Formulir A03 berfungsi untuk pemutakhiran Sekolah Induk tempat tugas aktif saat ini. Tentu yang menandatangani adalah Kepsek dari Sekolah Induk terbaru tersebut dalam hal kepsek SMPN 2.

Pertanyaan:
Kenapa pada Formulir  A01 kolom "Jabatan Anda di Sekolah Induk" tidak tersedia pilihan untuk "Ketua Program Keahlian" (PP 74 Th. 2008, Bab IV; Pasal 54; Ayat (3)?
Jawaban: 
Silakan dilaporkan terlebih dahulu ke BPSDMPK PMP Pusat atau kirim email ke padamu@kemdikbud.go.id

Pertanyaan:
Apa tugas Kepala Sekolah dalam program VerVal NUPTK 2013 di situs padamu negeri ini?
Jawaban:
Tugas kepala sekolah antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Menunjuk operator sekolah yang menguasai TIK.
  2. Menanda-tangani formulir dan memastikan kesesuaian data dengan kondisi faktual.
  3. Memastikan pengisian form data dasar sekolah (program EDS) lengkap dan sesuai kondisi faktual.
  4. Memastikan seluruh PTK di Satuan Pendidikannya yang belum memiliki Satuan Pendidikan Induk mendapatkan PegID dan melengkapi pengisian Form Kuisoner EDS.
  5. Menetapkan nama anggota Komite Sekolah yang akan dijadikan responden Kuisoner EDS.
  6. Menetapkan nama perwakilan Siswa yang akan dijadikan responden Kuisoner EDS.
  7. Memfasilitasi proses tersebut
Demikian kumpulan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban seputar VerVal NUPTK 2013 pada situs padamu.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat.