6/30/2014

Hal yang Harus Dipahami Saat Menggunakan Alat Pembelajaran

Alat pembelajaran merupakan sebuah komponen yang diperlukan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Dengan adanya alat pembelajaran tersebut maka kegiatan pembelajaran akan dapat berjalan dengan lebih baik dan para peserta didik  dapat lebih mudah dalam memahami pelajaran yang mereka terima. Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh tenaga pendidik saat menggunakan sebuah alat pembelajaran ini. Seperti di antaranya adalah.


  1. Setiap tenaga pendidik harus mengerti bahwa setiap alat pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing sehingga hal ini membuatnya tidak dapat dibandingkan satu sama lainnya. Atau dapat kita katakan bahwa tidak ada satupun alat pembelajaran yang dapat kita katakan sebagai yang terbaik karena masing-masing memiliki fungsi yang jelas berbeda.
  2. Seorang tenaga pendidik harus memiliki kecakapan khusus dalam menggunakan alat pembelajaran. Yang dimaksud dengan kecakapan di sini adalah kemampuan seorang tenaga pendidik dalam melihat kondisi yang ada dalam kegiatan pembelajaran agar dapat menggunakan alat pembelajaran secara maksimal.
  3. Seorang tenaga pendidik harus memahami karakter dan juga potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Tenaga pendidik tersebut harus mengenali tipe dari masing-masing peserta didik yang diajar. Seperti contohnya, ada tipe peserta didik yang lebih menyukai visual, maka sebaiknya seorang tenaga pendidik menggunakan media visual untuk memperjelas apa yang disampaikannya, misalkan dengan menggunakan gambar atau poster. Demikian juga dengan peserta didik yang lebih kuat audionya maka diupayakan untuk menggunakan media audio sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.
  4. Perlu untuk ditekankan bagi setiap tenaga pendidik. Bahwa apa pun alat  pembelajaran yang digunakan olehnya, tujuan akhir dari penggunaan alat pembelajaran tersebut adalah pemahaman yang baik bagi peserta didik. Karenanya perlu dimengerti oleh setiap tenaga pendidik, jangan memaksakan untuk menggunakan media pembelajaran tertentu yang tidak bisa diterima oleh tenaga pendidik karena hal tersebut justru akan membuat para peserta didik menjadi tidak paham terhadap apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Dan demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda semua terkait dengan hal yang harus dipahami saat menggunakan alat pembelajaran. Semoga beberapa ulasan yang saya sajikan di atas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya!

6/29/2014

Definisi Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran - Dalam sebuah kegiatan pembelajaran maka seorang tenaga pendidik sangat penting untuk mengetahui setiap komponen yang diperlukan untuk memaksimalkan fungsi pembelajaran. Salah satunya adalah dengan cara memahami pendekatan pembelajaran guna memberikan yang terbaik bagi para peserta didiknya. Secara bahasa maka pendekatan pembelajaran ini terdiri dari dua kata yakni pendekatan dan pembelajaran. Pendekatan memiliki arti sebuah upaya yang dilakukan oleh seseorang (dalam hal ini adalah tenaga pendidik) untuk mendekati sesuatu hal. Sedangkan kata pembelajaran dapat kita artikan sebagai sebuah upaya alih ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Sehingga dengan hal ini dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran merupakan sebuah upaya untuk mendekati para peserta didik dalam memberikan sebuah kegiatan belajar yang baik dan memudahkan mereka untuk mencapai tujuan dari sebuah kegiatan pembelajaran itu sendiri.

Pendekatan pembelajaran ini merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena dengan menggunakan cara yang baik untuk melakukan sebuah pendekatan kepada para peserta didik maka seorang tenaga pendidik akan lebih mudah memasukkan doktrin-doktrin pembelajaran yang nantinya akan mengantarkan para peserta didik ke dalam sebuah pemahaman tentang materi yang diajarkan oleh tenaga pendidiknya. Hingga akhirnya mereka dapat mengerti dan memahami sepenuhnya tentang materi pembelajaran yang mereka terima tersebut.

Ketika kita membicarakan lebih jauh mengenai pendekatan pembelajaran ini maka mengantarkan kita untuk membahas mengenai banyak hal . Termasuk di antaranya adalah beberapa upaya yang dapat diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik dalam upaya melakukan pendekatan kepada para peserta didiknya pada saat melakukan sebuah kegiatan pembelajaran. Misalkan saja dengan melakukan pendekatan secara personal kepada seorang peserta didiknya untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik tersebut.

Dengan langkah seperti ini maka seorang tenaga pendidik akan dapat mengetahui tentang potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya hingga akhirnya mereka pun dapat menentukan langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi tersebut. Semisal sebagai bahan pertimbangan mengenai strategi dan media pembelajaran yang digunakan untuk peserta didik tertentu. Dengan hal ini maka akan lebih memudahkan bagi seorang tenaga pendidik untuk membantu peserta didiknya dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga ulasan di atas bermanfaat.

6/28/2014

Pentingnya Pembelajaran PAI

Pentingnya Pembelajaran PAI - Saat ini negara berkembang layaknya Indonesia telah menghadapi sebuah permasalahan yang sangat besar yakni globalisasi. Dengan adanya globalisasi ini maka membuat budaya asing lebih mudah masuk ke negara kita. Hal tersebut membuat berbagai macam fenomena, bukan hanya menyoalkan pada kehidupan yang semakin membaik dengan banyaknya perangkat teknologi yang semakin memudahkan kehidupan kita saja. Tetapi lebih dari itu globalisasi juga memiliki banyak hal buruk yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah dengan semakin lunturnya nilai-nilai luhur yang selama ini telah mengakar dalam kepribadian luhur bangsa. Karena hal tersebutlah maka diperlukan sebuah upaya pencegahan sekaligus penanganan dampak buruk globalisasi ini. Salah satunya adalah dengan mengintensifkan pembelajaran agama Islam di sekolah.

Pembelajaran PAI di sekolah ini perlu diintensifkan guna menjadi upaya preventif terhadap keterpurukan akhlak dan moral bangsa. Pembelajaran PAI ini di sekolah memiliki banyak tujuan utama yang di antaranya akan saya jelaskan lebih rinci pada ulasan berikut.

  1. Memberikan dasar keagamaan yang kuat terhadap seorang muslim dan muslimah. Manusia merupakan makhluk relijius yang senantiasa memiliki ketergantungan terhadap Tuhan. Karenanya dengan pembelajaran PAI ini di sekolah hal tersebut diharapkan akan dapat memberikan dasar-dasar keagamaan bagi setiap individu untuk dapat menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai keagamaan.
  2. Untuk meningkatkan jati diri bangsa. Nilai-nilai keagamaan yang terkadang dalam PAI akan memberikan sumbangsih yang besar jika diintensifkan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah. 
  3. Seperti yang telah saya sebutkan pada ulasan di awal, bahwasanya globalisasi memiliki banyak yang buruk disamping berbagai macam kemudahan yang ada di dalamnya. Nah untuk mengurangi dampak buruk yang terdapat di dalam globalisasi tersebut maka perlu mengintensifkan pembelajaran PAI ini di sekolah. Ketika seorang individu telah memiliki keimanan yang kuat maka di dalam hidupnya akan sangat berhati-hati. Sehingga hal ini akan secara otomatis menghindarkan seseorang dari dampak negatif adanya globalisasi. Atau dapat kita simpulkan bahwa salah satu upaya yang paling efektif untuk menanggulangi dampak globalisasi adalah dengan meningkatkan iman dan takwa pada diri seorang peserta didik melalu pembelajaran PAI di sekolah.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga beberapa ulasan di atas bermanfaat untuk anda sekalian.

6/26/2014

Pemanfaatan Media Pembelajaran yang Baik

Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting bagi setiap individu. kegiatan pembelajaran ini merupakan sebuah kegiatan di mana terjadi sebuah penyampaian ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik. Agar dapat berlangsung dengan baik maka kegiatan pembelajaran ini memerlukan berbagai macam komponen yang saling melengkapi satu sama lainnya. Beberapa komponen tersebut di antaranya adalah tenaga pendidik yang professional, peserta didik yang siap menerima pelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran yang sesuai dan yang tak kalah penting adalah adanya media pembelajaran yang mendukung pemahaman para peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Nah untuk kali ini saya akan mengajak anda untuk membicarakan tentang salah satu dari komponen penting tersebut yakni mengenai pemanfaatan media pembelajaran yang baik. Simak ulasan berikut ini dengan seksama agar beragam informasi yang saya sajikan tentangnya dapat anda ketahui.

  1. Dalam memanfaatkan media pembelajaran dengan baik maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah dengan memahami bahwasanya tidak ada satu pun media yang lebih baik di antara media lainnya ataupun juga tidak ada media yang lebih buruk dari media yang lainnya. Setiap media memiliki fungsi masing-masing yang tak lepas dari kelebihan dan kelemahannya. Jadi pemanfaatan media pembelajaran yang baik ini bukan didasarkan pada jenis media yang digunakan tetapi bagaimana penggunaan media ini apakah sesuai atau tidak.
  2. Yang kedua, perlu untuk diperhatikan bagi setiap tenaga pendidik bahwa dalam sekali waktu sebaiknya menggunakan satu media pembelajaran saja. Hal ini karena jika seorang tenaga pendidik menggunakan lebih dari satu media dalam satu waktu maka hal tersebut dapat membuat para peserta didiknya mengalami kebingungan. Dan hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan efektif.
  3. Setiap tenaga pendidik harus peka terhadap kondisi dan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didiknya agar dapat memilihkan media pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan karena hal ini sangat menentukan keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda. Semoga beberapa ulasan yang saya tuliskan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya untuk anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya.

6/25/2014

Batas Akhir Penyerahan Dokumen Tenaga Honorer K-2

Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih memberi kesempatan kepada kepala daerah untuk menyerahkan dokumen surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM)para tenaga honorer kategori 2 hingga akhir Juni 2014.

Kepala BKN Eko Soetrisno mengungkapkan bahwa sudah ada sekitar 20 persen dokumen dari daerah yang masuk. Dalam verifiaksi kebenaran dokumen-dokumen tenaga honorer kategori 2 yang lulus tes tidak hanya dilakukan oleh Bupati dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), tetapi dilakukan secara berjenjang.

"Seorang Bupati tidak akan mungkin melakukan tandatangan SPTJM begitu saja. Harus ada tandatangan mulai dari kepala sekolah, kepala dinas, BKD, baru Bupati berani teken,” kata Eko Soetrisno di Jakarta,  Rabu (18/06).

Melihat kondisi tersebut, BKN yang semula menetapkan batas akhir penyerahan dokumen yang disertai SPTJM kepala daerah itu pada ahir Mei 2014, akhirnya diundur sampai akhir Juni. Sebab hampir seluruh bupati dan walikota minta perpanjangan waktu, karena masing-masing masih melakukan verifikasi. Dalam hal ini, pemda umumnya dibantu oleh kejaksaan maupun polisi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menegaskan,  pihaknya kini tengah menunggu data hasil verifikasi tenaga honorer kategori 2 dari kepala daerah. Dari sejumlah daerah yang sudah mengirimkan datanya ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), hasilnya terjadi penurunan sangat signifikan.

 Betapa tidak, ada pemda yang tenaga honorer K-2 sebanyak 1.800, yang lulus tes 800 orang. Tapi begitu diminta SPTJM Bupati, hanya 19 orang yang berani dipertanggungjawabkan. Ada juga yang tenaga honorernya 800 orang, yang lulus 300, dan begitu Bupati tandatangan SPTJM hanya 100 orang yang dinyatakan benar.

“Dengan adanya kewajiban menyampaikan surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM)  dari kepala daerah akan kelihatan mana yang bodong mana yang benar. Yang bodong itu kita bersihkan semua,” ujar Menteri ketika menerima Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Soelistyo di Kementerian PANRB.

Segera Check NISN Siswa di Verval PD

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru hasil sinkronisasi database Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dapat dilihat melalui laman website Verifikasi dan Validasi (Verval) peserta didik. Penerbitan NISN baru ini melalui mekanisme sinkronisasi database Data Pokok Pendidikan
(Dapodik).

Untuk melihat NISN secara online dapat mengujungi laman resmi Kemendikbud http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login. Username dan password yang digunakan untuk login di laman verval peserta didik ini sama dengan yang digunakan operator sekolah di Aplikasi Dapodikdas.

Di dalam website tersebut terdapat tiga menu utama, yaitu home, referensi, dan residu. Home adalah halaman utama dimana bisa dipilih perbandingan data dan progres harian. Di menu referensi bisa dicek data NISN yang valid. Sedangkan residu digunakan untuk validasi
nama (identitas) siswa.

Di menu residu dapat dilihat data siswa yang tidak masuk ke tab referensi, berarti siswa tersebut belum mempunyai NISN atau siswa mempunyai NISN tetapi tidak sesuai datanya dengan di dapodik hasil sinkronisasi dan Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP). Panduan
verval peserta didik untuk NISN bisa diunduh DISINI.

Cara Edit Data Siswa yang Salah Saat Verval NISN

Saat melakukan proses Verifikasi dan Validasi (Verval) NISN kecendrungan untuk melakukan kesalahan pasti ada, terutama bagi sekolah yang jumlah siswanya cukup banyak. Ada beberapa pertanyaan dari beberapa rekan operator sekolah tentang cara mengedit data siswa yang sudah terlanjur di verifikasi namun datanya salah. Kesalahan data memang tidak serta merta disebabkan oleh kelalaian operator sekolah, namun bisa juga disebabkan faktor lainnya seperti data yang diberikan oleh orang tua siswa atau wali siswa salah dan baru melakukan konfirmasi setelah verval NISN selesai dilakukan.
Cara mengedit data siswa yang salah saat verval NISN kini dapat dilakukan setelah adanya penambahan fitur baru yang ditambahkan di situs verval NISN. Tentunya dengan adanya penambahan fitur baru tersebut diharapkan proses verval NISN akan lebih optimal dan nantinya data yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas pula.

Beberapa fitur yang telah ditambahkan diantaranya :
  1. Tombol UnMatch yang berfungsi untuk membatakan data siswa yang sudah terlanjur masuk di tabel referensi NISN
  2. Penambahan pilihan Page size yang berfungsi untuk pilihan jumlah maksimal data siswa yang ingin ditampilkan dalam satu halaman di tabel referensi. Pada fitur sebelumnya jumlah maksimal Page size hanya 50 data, kini telah disempurnakan menjadi maksimal 250 data
  3. Tambahan menu Edit data yang berfungsi untuk mengedit Nama dan Tanggal lahir siswa
Berikut kami akan mencoba untuk sedikit menjelaskan tentang cara penggunaan dari beberapa fitur diatas.

Cara Menggunakan Tombol UnMatch :
  1. Silahkan menuju ke menu referensi verval NISN
  2. Pilih dan klik data siswa yang hendak dibatalkan
  3. Maka secara otomatis tombol UnMatch akan muncul diatas tabel referensi

  4. Selanjutnya klik tombol tersebut untuk memulai proses
  5. Pada tabel konfirmasi silahkan pilih OK

  6. Data yang telah di UnMatch akan berpindah ke tabel Residu

  7. Selanjutnya lakukan proses verval seperti yang sebelumnya telah kami bahas DISINI
Cara Menggunakan Pilihan Page Size :
  1. Pilih menu referensi
  2. Klik tanda panah pada pilihan Page size yang berada di bawah tabel referensi

  3. Disana terdapat pilihan 20, 50, 100, dan 250. Silahkan pilih salah satu. 
  4. Maka secara otomatis data yang ditampilkan dalam satu halaman sesuai dengan jumlah maksimal yang telah dipilih
Cara Menggunakan Menu Edit :
  1. Klik menu Edit yang berada di bagian atas (header) tepat disebelah menu Residu
  2. Klik gambar pensil yang berada di sebelah nomor NISN siswa

  3. Maka akan tampil tabel baru yang berisi Nama dan Tanggal lahir siswa. Selajutnya silahkan edit data dan klik Update untuk menyimpan

  4. Pilih Cancel jika batal melakukan edit data

6/20/2014

Pembelajaran Jigsaw

Pembelajaran Jigsaw - Kegiatan pembelajaran dalam sebuah kehidupan memegang peranan yang sangat penting. Setiap individu akan dapat berkembang dengan baik dengan kegiatan pembelajaran karena di sini terjadi alih ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Sekarang ini kegiatan pembelajaran ini semakin berkembang. Seperti satu di antaranya adalah pembelajaran jigsaw.

Pembelajaran Jigsaw merupakan sebuah model pembelajaran kooperatif atau model pembelajaran yang lebih menekankan pada terjadinya kerjasama antara tenaga pendidik dan para peserta didik. Model pembelajaran ini jika dibandingkan dengan model pembelajaran jenis yang lainnya maka pembelajaran ini memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya beberapa kelebihan tersebut adalah.

  1. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada kerja sama yang terbentuk di antara para peserta didik. Dengannya maka peserta didik akan berlatih untuk bekerja sama di dalam tim-tim yang dibentuk.
  2. Para peserta didik akan lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya di dalam kelompoknya. Mereka akan lebih aktif dalam berinteraksi dengan orang lain di dalam kelompok sehingga dengan hal ini seorang tenaga pendidik dapat lebih menjelaskan tentang kehidupan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain kepada para peserta didiknya. Dengan hal ini maka sangat memungkinkan untuk menciptakan sebuah kedekatan yang terintegrasi di antara para peserta didik yang terlibat sehingga konflik yang terjadi di antara mereka dapat diminimalkan.
  3. Kehidupan gotong royong merupakan sebuah kehidupan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Melihat kehidupan modern yang ada saat ini maka kebudayaan gotong royong ini sedikit demi sedikit telah luntur sehingga diperlukan sebuah cara untuk membudayakannya kembali. Nah model pembelajaran jigsaw ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk hal tersebut karena di sini para peserta didik akan dituntut untuk bekerja sama dengan tim.
  4. Dengan model pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk tim-tim ini maka para peserta didik yang biasanya pasif akan terpancing untuk aktif seperti anggota kelompoknya yang lain. selain itu juga memungkinkan bagi para peserta didik untuk belajar dengan tutor sebaya.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda sekalian tentang model pembelajaran jigsaw ini, semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian.

Simbiosis Mutualisme Antara Operator dan Non-Operator

Simbiosis Mutualisme Antara Operator dan Non-Operator
Sebagai makhluk sosial tentunya manusia tidak akan terlepas dari pola interaksi yang diharapkan menuju simbiosis mutualisme. Hubungan yang sama-sama menguntungkan kedua pihak. Bukan sebaliknya, Simbiosis Parasitisme.
 
Maksudnya bahwasanya tidaklah aneh ketika suatu sistem dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, tetapi pada akhirnya faktor SDM sendiri yang menjadi penghambatnya. Bukan hanya di satu tempat, tetapi merata di setiap wilayah. Tapi mohon maaf sebelumnya, yang sedang saya bicarakan bukanlah di Indonesia, tetapi di Afrika… xixixi…

So, what’s the main topic in this article brew???

Yupz….
Pemanfaatan tenaga operator di setiap instansi WAJIB DI-MAKSIMALKAN, tetapi KESEJAHTERAANNYA tidak di-maksimalkan…. PADAHAL….. Operator adalah motor-nya master data. Kalau motornya rusak, data ga akan sampai pada tujuannya. kalopun nyampe akan lama… maklum, nunggu ojek-nya lama.. hehe..

Yang perlu digarisbawahi disini adalah BAGAIMANA KITA MEMBUAT PEKERJAAN KITA NYAMAN. Anda NYAMAN, Saya NYAMAN…. Tentunya pembicaraan akhir tidak harus mengarah kepada bentuk materiil saja, tetapi banyak langkah yang dapat dilaksanakan guna mencapai “Kestabilan Ekosistem“.

Misalnya bisa saja para operator dirangsang dengan jenjang karir, Surat Tugas Resmi dari atasan ataupun pendekatan-pendekatan lain yang pada akhirnya membuat mereka merasa “HIDUP”.  Tidak sedikit para operator yang memposisikan diri mereka seperti “TAHANAN JEPANG” pada masa ROMUSHA.

Keep spirit for Operator…

6/19/2014

Metode Pembelajaran CTL

Pada ulasan berikut ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membahas tentang sebuah metode pembelajaran CTL atau Contextual Teaching Learning yang biasa kita kenali dengan sebutan pembelajaran Kontekstual. Pembelajaran ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang kian dikembangkan oleh para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran ini memiliki berbagai macam kelebihan jika dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lainnya. Bagaimanakah informasi lengkapnya? Simak ulasan berikut dengan seksama agar anda dapat mengetahuinya.

Pembelajaran kontekstual ini merupakan sebuah metode atau cara pembelajaran yang muncul di Amerika Serikat sejak tahun 1997 yang lalu. Pembelajaran kontekstual ini sebenarnya merupakan implementasi dari sebuah pendapat dari hasil penelitian John Dewey di tahun 1916 yang menyatakan bawa peserta didik akan dapat memahami dengan baik tentang sebuah materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya jika mereka mengalaminya sendiri. Alhasil pembelajaran kontekstual ini pun tercipta sebagai pendukung dari pendapat tersebut. Metode pembelajaran kontekstual yang semacam ini lebih menekankan kepada para peserta didik untuk melihat, merasakan, mendengar dan mengalami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya di dunia nyata. Dengan hal ini maka diharapkan mereka akan lebih mudah dalam mencerna setiap pelajaran yang mereka terima dan diharapkan dengan pembelajaran ini maka setiap peserta didik akan digiring untuk berpikir secar kritis dan kreatif.

Pembelajaran kontekstual ini memiliki berbagai kelebihan jika kita membandingkannya dengan pembelajaran yang lain. Pertama, karena para peserta didik mengalami langsung apa yang di sampaikan oleh tenaga pendidiknya di dunia nyata, maka mereka akan dapat lebih mudah memahami pelajaran-pelajaran yang sebelumnya bersifat abstrak. Kedua, pembelajaran kontekstual ini akan mengajak setiap peserta didik yang terlibat dalam pembelajaran untuk lebih peka terhadap lingkungan baik lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun pada lingkungan alam tempat tinggal. Ketiga, dengan metode pembelajaran ini, maka setiap peserta didik akan menumbuhkan minat melakukan penelitian. Selain itu masih terdapat beberapa kelebihan yang lainnya seperti membentuk pola pikir kreatif anak dan sebagainya.

Demikian  beberapa ulasan yang dapat saya rangkum untuk anda sekalian. Semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda. Sekian, sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya.

6/18/2014

Pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Salah satu hal penting yang harus  diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik untuk memberikan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik kepada para peserta didiknya adalah dengan membuat sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang biasa kita kenal dengan sebutan RPP. RPP ini memiliki berbagai macam peranan penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Beberapa peranan tersebut akan kita kupas secara lebih lengkap pada ulasan berikut ini. Jadi jika anda menginginkan untuk mengetahui informasinya, maka wajib bagi anda untuk menyimak ulasan yang saya sajikan berikut ini dengan seksama agar tak terlewat satu pun.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika guru berhasil membuat sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik adalah di antaranya sebagai berikut.

  1. Sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berjalan secara sistematis dan terarah. Seorang tenaga pendidik akan dapat memberikan arahan jalannya sebuah kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang telah direncanakannya secara berurutan sehingga hal ini akan lebih mudah untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam RPP.
  2. Dengan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran ini maka seorang tenaga pendidik dapat melakukan sebuah perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Dan juga dapat dijadikan sebagai sebuah bahan acuan untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang selanjutnya. Hal ini berkaitan dengan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil yang diraih selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Dengan RPP maka seorang tenaga pendidik dapat memprediksikan tentang gambaran umum dari sebuah pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini juga berkaitan erat dengan materi pembelajaran yang diterapkan kepada peserta didik serta model atau strategi pembelajaran yang seperti apa yang dapat memperoleh hasil yang maksimal untuk diterapkan pada peserta didik tertentu. Jika hal ini dapat berjalan dengan baik maka kegiatan pembelajaran pun semakin berkualitas.
  4. Memudahkan tugas tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran. RPP dapat dijadikan sebagai sebuah alur yang harus dilalui oleh tenaga pendidik dalam memberikan sebuah pembelajaran kepada para peserta didiknya secara bertahap. Dengannya maka waktu yang diperlukan untuk sebuah kegiatan pembelajaran pun semakin jelas dan efektif.
Dan itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik. Selain itu, masih terdapat manfaat lainnya yang tidak dapat saya jabarkan di sini. Sekian, semoga bermanfaat.

6/17/2014

Kelebihan Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pembelajaran Berbasis Multimedia - Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting yang harus dilalui oleh setiap generasi bangsa. Hal ini dikarenakan dengan adanya proses pembelajaran yang baik tersebut maka setiap individu akan dapat berkembang dengan baik dan menjadi pribadi yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut maka tentunya harus selalu ada pengembangan kegiatan pembelajaran mengikuti perkembangan di dunia. Salah satu upaya pengembangan pembelajaran ini terlihat pada pembelajaran berbasis multimedia. Apa sebenarnya pembelajaran multimedia ini? Dan apakah kelebihannya jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lain, yang lebih dahulu ada? Pembelajaran berbasis multimedia ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran inovatif yang memanfaatkan multimedia sebagai sarana untuk memberikan pembelajaran. Dengan asumsi bahwa para peserta didik akan lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Kelebihan yang dimiliki oleh pembelajaran berbasis multimedia.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pembelajaran berbasis multimedia yang berkembang saat ini di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Pembelajaran berbasis multimedia ini dinilai lebih interaktif dan komunikatif jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lainnya. Hal tersebut karena dengan pembelajaran multimedia maka seorang tenaga pendidik dan para peserta didiknya akan lebih mudah untuk berkomunikasi terkait dengan kegiatan pembelajaran secara lebih efisien.
  2. Kegiatan pembelajaran berbasis multimedia ini juga dinilai lebih fleksibel dan santai. Banyak peserta didik yang mengeluh dalam pembelajaran konvensional namun tertarik ketika dilakukan pembelajaran berbasis multimedia ini. Ha tersebut karena pembelajaran multimedia tersebut lebih santai dan fleksibel serta menarik perhatian para peserta didik. Dengan hal ini membuat tenaga pendidik akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran secara lebih terfokus.
  3. Materi pembelajaran yang biasanya bersifat abstrak dapat disampaikan menjadi lebih jelas menggunakan media. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan gambar, foto, audio maupun video yang berguna untuk menambah pemahaman para peserta didik terkait dengan pelajaran tersebut. Sehingga dengan hal ini maka para peserta didik pun lebih mudah dalam memahami pelajaran yang bersifat abstrak.
Dan itulah sedikit ulasan yang dapat saya berikan kepada anda terkait dengan kelebihan yang dimiliki oleh pembelajaran berbasis multimedia ini. Semoga beberapa ulasan yang telah saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya untuk anda. Sekian, terima kasih.

6/14/2014

Memahami Model Pembelajaran Aktif

Model pembelajaran aktif merupakan sebuah model pembelajaran yang banyak dikembangkan di sekolah-sekolah saat ini. Model pembelajaran ini dinilai memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lainnya. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang seperti ini memberikan banyak peluang kepada para tenaga pendidik dan juga para peserta didik untuk memaksimalkan situasi pembelajaran menjadi sebuah kegiatan yang lebih aktif. Sehingga dengannya para peserta didik lebih aktif dalam banyak hal misalkan dalam hal berinteraksi dengan peserta didik lain maupun dengan tenaga pendidik, para peserta didik lebih dikembangkan untuk berani menyampaikan pendapat mereka dan dapat mewujudkan sebuah kemandirian dalam diri peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam menerapkan sebuah kegiatan pembelajaran  aktif ini maka ada banyak strategi yang bisa diterapkan oleh seorang tenaga pendidik. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengalaman penting. Strategi ini mengajarkan kepada para peserta didik untuk berbagai pengalaman penting (sharing) yang mereka alami. Dengan hal ini maka mereka diharapkan akan saling aktif dalam berbagai antar peserta didik yang satu dengan yang lainnya.

2. Kerja kelompok. Model pembelajaran aktif ini dapat dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif atau kerjasama. Di sini para peserta didik dapat kita arahkan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara bersama-sama di dalam kelompok yang telah dibuat. Misalkan saja dengan memberikan sebuah soal kepada para peserta didik untuk menyusun kalimat acak menjadi sebuah paragraf yang baik dan lain sebagainya.

3. Saling bertukar Pengetahuan. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan instruksi kepada para peserta didiknya untuk aktif dalam bertukar pengetahuan. Dan hal ini dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok yang lebih intens.

Selain beberapa strategi yang telah saya sebutkan di atas tentunya masih terdapat banyak strategi yang lainnya yang dapat dikembangkan oleh seorang tenaga pendidik dalam menghidupkan suasana pembelajaran di kelas. Namun demikian ada hal penting yang harus ditekankan pada pembelajaran ini, bahwa seorang tenaga pendidik harus aktif dalam mengatur kondisi kelas agar tetap kondusif selama kegiatan pembelajaran karena bagaimanapun juga keberhasilan dari model pembelajaran ini sangat ditentukan dari sebagaimana kemampuan seorang tenaga pendidik dalam mengkondisikan kelasnya.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya berikan untuk ada. Semoga memberikan manfaat.

6/13/2014

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi

Metode Pembelajaran Diskusi - Dewasa ini kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah semakin dikembangkan oleh para pelaku pendidikan. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang lebih berkualitas. Salah satu di antaranya yang menarik untuk dikembangkan saat ini adalah metode pembelajaran diskusi. Metode pembelajaran ini memiliki ciri utama dengan menitikberatkan kegiatan pembelajaran dengan proses diskusi yang dilakukan oleh para peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun peserta didik dengan tenaga pendidiknya. Sama halnya seperti metode pembelajaran yang lain, pembelajaran ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan yang beberapa di antaranya telah berhasil saya rangkum seperti berikut ini.

1. Kelebihan metode pembelajaran diskusi dalam sebuah kegiatan pembelajaran
  • kelebihan pertama metode pembelajaran diskusi ini adalah para peserta didik dapat memahami bahwa setiap permasalahan yang terjadi dapat dipecahkan menggunakan banyak sekali cara. Sehingga hal ini akan dapat mengembangkan pola berpikir seorang peserta didik.
  • yang kedua, metode pembelajaran ini juga memiliki kelebihan dengan memberikan pelatihan kepada para peserta didik untuk lebih aktif dalam memberikan pendapatnya di dalam kelompok. Dengan hal ini juga akan mengajarkan kepada para peserta didik, bahwa setiap anggota memiliki pendapat yang berbeda-beda dan harus saling menghargai satu sama lainnya.
  • Dengan berdiskusi maka seorang peserta didik dapat bekerja sama dengan baik di dalam kelompoknya. Sehingga hal ini merupakan cara yang baik untuk mewujudkan integrasi sosial di antara para peserta didik yang terlibat.
2. Kekurangan metode pembelajaran diskusi dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
  • Metode pembelajaran ini hanya dapat efektif jika dilakukan pada kelompok dengan anggota yang terbatas. Jika dipakai dalam kelompok yang besar maka diskusi yang berjalan tidak akan baik dan tidak efektif.
  • Metode pembelajaran ini terkesan formal, sehingga beberapa peserta didik yang tidak menyukainya mungkin akan kesulitan untuk beradaptasi.
  • Metode pembelajaran yang satu ini memungkinkan adanya peserta didik yang lebih dominan dari peserta didik yang lainnya. Jika tidak diarahkan dengan baik hal ini dapat menimbulkan masalah di antara peserta didik di dalam kelompok.
Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentangnya, semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Sampai berjumpa, pada ulasan menarik yang akan saya sajikan selanjutnya.

6/11/2014

Jenis-Jenis Pembelajaran

Jenis-Jenis Pembelajaran - Kegiatan Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait dengan materi pelajaran yang dilakukan oleh para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Saat ini dunia semakin berkembang seiring dengan adanya kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan telah membawa pengaruh yang besar terhadap kemajuan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Nah karena hal tersebutlah maka pada ulasan berikut ini saya sengaja menginformasikan berbagai hal menarik yang berhasil saya rangkum mengenai jenis-jenis pembelajaran. Karena itu simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda dapat mendapatkan informasinya.

  1. Jenis pembelajaran yang pertama adalah pembelajaran secara langsung atau biasa kita sebut dengan pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Pembelajaran ini merupakan jenis pembelajaran yang paling banyak digunakan di Indonesia di mana seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya secara langsung. Di sini memiliki ciri utama yakni tenaga pendidik memiliki peranan yang lebih dominan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.
  2. Jenis pembelajaran yang selanjutnya adalah pembelajaran interaktif. Perbedaan utama antara pembelajaran interaktif ini dengan pembelajaran ceramah adalah terletak pada penekanan interaksi yang lebih ditekankan antara tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Di sini tenaga pendidik tetap menyampaikan materi pembelajaran seperti pada jenis pembelajaran ceramah, tetapi ada kalanya memberikan pertanyaan atau memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya. Sehingga diharapkan para peserta didik akan lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Jenis pembelajaran konstrukstivisme. Pembelajaran jenis ini lebih menekankan pada pembangunan situasi pembelajaran yang kondusif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dengan jenis ini, orientasi pembelajaran lebih ditekankan pada peserta didik di mana seorang tenaga pendidik hanya memiliki peranan sebagai penggerak yang memberikan instruksi dan mengarahkan kegiatan pembelajaran supaya berjalan kondusif. Sedangkan peranan utama atau yang lebih aktif dalam jenis pembelajaran yang satu ini adalah para peserta didik itu sendiri.
  4. Jenis pembelajaran yang keempat adalah pembelajaran Inkuiri. Pada pembelajaran ini lebih menekankan pada peserta didik untuk lebih aktif melakukan pengamatan dan penganalisisan tentang fenomena-fenomena yang terjadi yang jawabannya belum diketahui sebelumnya. Jenis pembelajaran ini sering kali disebut pembelajaran proses.

Di atas merupakan beberapa jenis pembelajaran saja, selain itu masih banyak jenis pembelajaran yang lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

6/10/2014

Jenis Sumber Pembelajaran

Sumber pembelajaran merupakan sebuah sumber atau asal dari adanya sebuah pembelajaran atau sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada peserta didiknya. Sumber pembelajaran ini ada banyak skali namun secara umum berdasarkan sifatnya maka dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis. yang di antaranya akan kita bahas lebih lanjut pada ulasan di bawah ini. Jadi untuk mendapatkan informasinya secara lengkap maka anda harus menyimak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Sumber pembelajaran yang pertama adalah sumber pembelajaran insani atau manusia. Beberapa contoh dari sumber pembelajaran ini adalah sebagai berikut.

  • Keluarga. Keluarga inti yang terdiri dari ayah dan ibu merupakan sumber pembelajaran yang utama bagi seorang individu. Karena keluarga ini merupakan sebuah sumber pembelajaran yang primer atau yang pertama kali dikenali oleh seorang individu karenanya peranannya pun sangat menentukan bagi perkembangan individu itu sendiri.
  • Sekolah. Sekolah merupakan sebuah sumber pembelajaran yang resmi. Di sekolah terdapat tenaga pendidik tenaga pendidik yang senantiasa menjadi sumber pembelajaran bagi para peserta didiknya. Karena hal tersebutlah, sekolah merupakan sebuah elemen penting yang menjadi sumber pembelajaran.
  • Masyarakat. Setiap individu merupakan makhluk sosial yang berhubungan dengan masyarakat. Karena hal tersebut maka masyarakat pun dapat menjadi sumber pembelajaran yang baik bagi setiap individu atau pun sebaliknya.
  • Teman. Teman merupakan sumber pembelajaran yang selanjutnya. Ini karena sedikit banyak serang teman akan memberikan pengaruh bagi perkembangan seorang individu terlebih teman sebaya.

2. Sumber pembelajaran yang kedua adalah sumber pembelajaran non insani atau yang bukan manusia. Sumber pembelajaran ini sering kali kita sebut sebagai media pembelajaran yang di antaranya yang paling populer adalah buku, majalah, surat kabar, media elektronik seperti tv, radio, komputer dan yang terbaru yag paling banyak digunakan saat ini adalah Internet.

Sangat penting bagi setiap individu untuk menyadari akan hadirnya sumber pembelajaran ini. Karena dengan menyadari keberadaannya maka kita akan dapat dengan mudah untuk memaksimalkan sumber pembelajaran ini agar kehidupan menjadi lebih baik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang sumber pembelajaran. Semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

6/08/2014

Model Pembelajaran Biologi

Biologi merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam. Biologi ini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Dalam memberikan mata pelajaran ini di sekolah maka seorang tenaga pendidik harus memiliki sebuah cara khusus berupa sebuah model pembelajaran yang berbeda dari pembelajaran yang lainnya. Misalkan saja karena pembelajaran biologi ini berkaitan erat dengan lingkungan alam maka pembelajaran yang berlangsung harus memiliki orientasi dengan alam. Nah di sini saya akan menyajikan pada anda sekalian tentang model pembelajaran biologi yang baik untuk diterapkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Model pembelajaran ceramah. Model pembelajaran ceramah ini sangat diperlukan pada mata pelajaran biologi saat awal pembelajaran diberikan. Pembelajaran dengan model seperti ini sama dengan model mata pelajaran yang lain yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta didik sebelum nanti berkembang menggunakan model pembelajaran lain yang lebih kompleks.
  2. Model pembelajaran Observasi Lapangan. Karena pembelajaran Biologi ini berkaitan erat dengan lingkungan alam maka model pembelajaran observasi sangat pas untuk diterapkan bagi para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Para tenaga pendidik dapat menginstruksikan kepada para peserta didik untuk melakukan observasi atau pengamatan tentang sebuah kejadian yang berkaitan erat dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
  3. Model pembelajaran eksperimental. Model pembelajaran eksperimen atau percobaan merupakan model pembelajaran yang baik untuk pelajaran Biologi. Melalui model pembelajaran yang satu ini seorang tenaga pendidik dapat melakukan pengkajian dengan mengadakan eksperimen terkait dengan materi pelajaran biologi tersebut. Dengan model ini maka materi pembelajaran pun akan dapat dengan mudah dipahami oleh para peserta didik.
  4. Model pembelajaran diskusi. Sama seperti pada pembelajaran dalam ilmu yang lain pada umumnya. Pada mata pelajaran biologi juga tetap diperlukan adanya model pembelajaran diskusi. Selain untuk melancarkan interaksi sosial antar peserta didik hal ini juga bermanfaat dalam mempermudah pemahaman peserta didik. Misalkan saja seorang tenaga pendidik dapat mengajak para peserta didiknya untuk mengkaji tentang fenomena alam yang berkaitan dengan biologi yang terjadi saat itu (kontekstual).

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentangnya, semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Sampai bertemu pada ulasan yang selanjutnya.

6/07/2014

Pemilihan Media Pembelajaran

Kehadiran media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran sangatlah penting. Tanpa adanya media pembelajaran yang baik maka sebuah kegiatan pembelajaran yang berlangsung tidak akan dapat berjalan dengan baik dan para peserta didik akan banyak mengalami kesulitan terkait dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya terlebih untuk materi pembelajaran yang biasanya abstrak. Karena hal tersebutlah maka dalam sebuah kegiatan pembelajaran untuk dapat berlangsung secara efektif maka seorang tenaga pendidik harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan. Untuk mendapatkannya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan saat akan menggunakan sebuah media pembelajaran. Di antaranya adalah sebagai berikut.


  1. Hal pertama yang harus ditekankan terkait dengan media pembelajaran ini adalah pemahaman bahwa tidak ada satu pun media yang jelek untuk digunakan dalam pembelajaran atau pun sebaliknya. Setiap media pembelajaran yang digunakan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing tergantung dari bagaimana pemanfaatannya apakah efektif atau tidak.
  2. Yang kedua yang harus menjadi pemahaman bersama adalah bahwa kehadiran media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak berdiri sendiri. Dalam artian media pembelajaran ini bukan hanya sekedar sebagai alat bantu saja tetapi lebih pada sebuah kegiatan pembelajarannya.
  3. Melihat kemampuan peserta didik. Pemilihan media pembelajaran ini harus menyesuaikan dengan keadaan dari peserta didik itu sendiri. Hal ini karena bagaimana pun juga kehadiran dari media pembelajaran ini lebih diutamakan, ditujukan untuk para peserta didik. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebuah media pembelajaran akan dapat digunakan secara maksimal jika media pembelajaran tersebut sesuai dengan keadaan peserta didik yang belajar.
  4. Sebaiknya dalam suatu kegiatan pembelajaran dalam satu waktu, menghindari penggunaan berbagai media sekaligus. Karena hal ini sangat tidak efektif dan berdampak pada peserta didik yang akan mengalami kebingungan terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran yang efektif. Semoga beberapa ulasan di atas mampu memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian dan tentunya semoga kegiatan pembelajaran yang ada semakin berkembang. Sekian, dan terima kasih.

6/05/2014

Macam Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didiknya. Saat ini media pembelajaran yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik tersebut sangatlah beragam seiring dengan perkembangan yang terjadi di dunia. Beberapa media pembelajaran yang baik untuk digunakan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Buku teks. Buku teks yang berisi materi pembelajaran merupakan media pembelajaran yang telah lama dipergunakan dan hingga saat ini masih tetap digunakan. Ini karena media pembelajaran yang satu ini dinilai efektif dalam memberikan pembelajaran bagi para peserta didik. Fungsi utama dari media pembelajaran yang satu ini adalah sebagai pedoman atau acuan belajar baik bagi para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi maupun bagi para peserta didik yang menerima materi pelajaran. Selain itu dengan adanya media pembelajaran buku teks tersebut, seorang peserta didik dapat belajar meski tidak didampingi oleh seorang tenaga pendidik.
  2. Radio dan televisi. Radio merupakan  salah satu media pembelajaran audio yang  akan sangat membantu bagi para peserta didik yang bertipe audio atau yang lebih senang mendengarkan. Di dalam radio terdapat banyak siaran yang mengandung informasi penting yang dapat dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran. Sedangkan televisi merupakan salah satu contoh dari media audio visual. Media ini sangat baik digunakan untuk menyampaikan sebuah pembelajaran bagi para peserta didik karena di dalamnya peserta didik dapat melihat dan juga mendengarkan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran yang dimaksud oleh tenaga pendidiknya.
  3. Internet. Ini merupakan sebuah media pembelajaran terbaru yang hingga saat ini dapat kita nyatakan sebagai media pembelajaran yang paling lengkap. Namun demikian media ini dapat menjadi sebuah media yang sangat berbahaya untuk para peserta didik jika penggunaan media ini tidak dalam pengawasan yang tepat. Ini karena di dalam internet saat ini terdapat banyak sekali hal negatif khususnya yang berkaitan dengan pornografi.
Dan itulah beberapa macam media pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya, seperti aneka media peraga pembelajaran. Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda sekalian.

Cara menumbuhkan minat belajar pada anak

Senyuman ceria anak mama
Jika buah hati anda sudah mulai mengikuti kegiatan belajar di luar rumah, sudah bisa dipastikan butuh sedikit tenaga dan tambahan fikiran buat buah hati anda, pada saat mau berangkat sekolah di pagi hari.

Tentunya setiap orangtua menginginkan anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih, tetapi di sisi lain orangtua tidak boleh memaksakan anak secara kasar untuk melakukan kegiatan tersebut.

Lalu, bagaimana caranya agar anak memiliki semangat belajar yang muncul dari hati mereka sendiri dan bagaimana menumbuhkan minat belajar pada diri anak tersebut.

Di pagi hari banyak sekali suguhan film film kartun yang diputar di beberapa televisi swasta. Pada saat bangun tidur, biasanya si anak langsung duduk manis di depan televisi sambil menonton acara kesukaannya tentunya. Nah, pada saat mereka sedang asyik melihat tv, temanilah anak untuk melihat acara tersebut. Dan bicarakan kepada si anak apabila waktu untuk berangkat ke sekolah sudah tiba maka tv harus dimatikan. Jika mama memaksa anak untuk bersiap-siap ke sekolah padahal mereka lagi asyik melihat acara kesukaannya maka yang ada anak bukannya nurut akan tetapi akan semakin berontak atau bahkan menangis. Pertengkaran antara mama dan anak sudah barang tentu tak ter-elakkan. Dan hal ini sebaiknya dihindari.
Jika anak sedang memegang game, dan lagi asyik memainkannya maka berikanlah sedikit waktu kepada mereka untuk menikmati benda tersebut. Mama ataupun papa jangan langsung mengambil mainan tersebut yang ada adalah anak semakin marah dan akan membelot seperti pada point pertama.
Agar semangat anak semakin lebih tinggi, maka pada saat akan berangkat sekolah ucapkanlah kata - kata manis menyanjungnya. Dengan pelukan serta ciuman, mama bisa mengucapkan kata kata yang membuat hati mereka menjadi senang. " Anak mama memang anak yang paling rajin, belajar yang pintar ya, semangat terus..... ".
Anak anak usia 3-6 tahun merupakan anak yang memiliki tingkat ke-kritisan yang tinggi. Di usia ini anak belum begitu bisa melakukan kegiatan belajar dengan sistem yang serius apalagi suasana yang menegangkan. Anak usia tersebut memiliki dunia sendiri yaitu dunia bermain. Setiap anak juga memiliki karakter yang tidak sama. Jadi sistem belajar yang diterapkan ke anak yang satu belum tentu bisa diterapkan ke anak yang lain. Kita sebagai orangtua wajib memahami karakter yang dimiliki buah hati kita. Ini sangat menunjang dan sangat membantu kita untuk membimbingnya.
Jadilah orangtua yang perhatian, sayang dan ramah kepada anak. Anak membutuhkan senyuman orangtua di setiap waktu, setiap menit bahkan setiap detik.

Semoga bermanfaat ya mah....

Kesimpulannya : 
Semoga hal-hal diatas dapat membantu mama dan papa dalam menumbuhkan minat belajar anak. Jadi setiap pagi bangun tidur sudah tidak ada lagi teriakan atau tangisan rutin setiap akan berangkat ke sekolah.
Senyuman serta ciuman ke buah hati akan membuat mereka semakin sayang kepada orangtua. " muah.....selamat pagi sayang..... mama sayang Qiral....".

6/04/2014

Mengenal Pembelajaran ICT

Saat ini dunia telah semakin berkembang. Khususnya jika kita melihat tentang perkembangan teknologi yang terjadi di dunia saat ini sudah semakin tak terkendali. Hal ini tentu menimbulkan berbagai macam fenomena baru yang terus terjadi. Seperti salah satunya adalah fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan. Dari sekian banyak fenomena yang terjadi maka satu di antaranya yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini adalah tentang fenomena pembelajaran ICT. Apakah itu pembelajaran ICT? Sebagian dari anda mungkin masih merasa asing dengan pembelajaran yang satu ini. Karenanya beberapa ulasan di bawah ini sangat menarik untuk anda baca karena beragam informasi menariknya akan saya sajikan. Sebagai berikut.

Pembelajaran ICT merupakan sebuah terobosan pembelajaran yang terbaru. Pembelajaran ini memanfaatkan media teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran atau dalam kata lain pembelajaran ICT ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berbasis Komputer. Pembelajaran ini merupakan sebuah pembelajaran yang terbilang baru untuk Indonesia, dan jika kita kaji lebih mendalam pembelajaran ICT ini memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan jika diterapkan pada peserta didik. Di antaranya adalah seperti di bawah ini.
  1. Kelebihan pembelajaran ICT. Pembelajaran ICT ini merupakan sebuah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Komputer memiliki kelebihan diataranya adalah karena menggunakan teknologi Komputer maka kegiatan pembelajaran yang berlangsung pun akan menarik bagi para peserta didik, Komputer dapat memberikan gambaran yang lebih nyata bagi para peserta didik terkait materi pelajaran abstrak yang disampaikan oleh tenaga pendidik atau dengan kata lain media pembelajaran Komputer dapat lebih memudahkan pemahaman para peserta didik. Dan juga kelebihan-kelebihan yang lainnya.
  2. Kekurangan pembelajaran ICT. Selain kelebihan, kegiatan pembelajaran ini juga memiliki berbagai macam kelemahan, seperti, pemilihan jenis software yang digunakan dalam pembelajaran harus benar-benar diperhatikan, kesuksesan dari kegiatan pembelajaran berbasis Komputer ini sangat bergantung pada kemampuan para tenaga pendidik dan juga peserta didik dalam menggunakan perangkat Komputer, terlebih saat ini yang kita tahu  tingkat pemahaman Komputer bagi peserta didik dan tenaga pendidik saat ini berbeda-beda.
Demikianlah sedikit ulasan yang dapat berikan untuk anda tentang pembelajaran ICT. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan manfaat. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutya.

6/03/2014

DAFTAR PTK BERSERTIFIKAT YANG BELUM MEMILIKI SK TUNJANGAN PROFESI PENDIDIK (SK TPP)

DAFTAR PTK BERSERTIFIKAT YANG BELUM MEMILIKI SK TUNJANGAN PROFESI PENDIDIK (SK TPP)
TANGGAL 31 MEI 2014 SUDAH LEWAT BERARTI TAHAP PENGIRIMAN DAN VERIFIKASI DATA PUN BERAKHIR, BERIKUT KAMI TAMPILKAN DATA PTK BERSERTIFIKAT YANG BELUM MEMILIKI SK TUNJANGAN PROFESI PENDIDIK (SK TPP) SEMESTER 1 TAHUN ANGGARAN 2014, SILAHKAN DI DOWNLOAD DI SINI

DARI DAFTAR NAMA TERSEBUT MASIH TERDAPAT PTK YANG TELAH MEMENUHI SYARAT SEBAGAI PENERIMA TUNJANGAN PROFESI PENDIDIK BERDASARKAN PP 74 TAHUN 2008, NAMUN TERKENDALA PERSYARATAN ADMINISTRASI ATAU KESALAHAN YANG DIAKIBATKAN SALAH ENTRY DATA MAUPUN SALAH PEMAHAMAN DALAM PENERAPAN PERATURAN PERUNDANG2AN HINGGA MEMBUAT BEBERAPA PTK YANG SEHARUSNYA MEMENUHI SYARAT HINGGA TERHAMBAT PENERBITAN SK TPP NYA.

Untuk Diketahui bersama PP 74 TAHUN 2008 BAB III TENTANG HAK Bagian Kesatu Tunjangan Profesi Pasal 15, (1) Tunjangan profesi diberikan kepada Guru yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Memiliki satu atau lebih Sertifikat Pendidik yang telah diberi satu nomor registrasi Guru oleh Departemen;
  • Memenuhi beban kerja sebagai Guru;
  • Mengajar sebagai Guru mata pelajaran dan/atau Guru kelas pada satuan pendidikan yang sesuai dengan peruntukan Sertifikat Pendidik yang dimilikinya;
  • Terdaftar pada Departemen sebagai Guru Tetap;
  • Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun; dan
  • Tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain satuan pendidikan tempat bertugas.

OLEH SEBAB ITU P2TK MASIH MENERIMA KONFIRMASI VALIDASI DAN VERIFIKASI TERHADAP PTK2 YANG TELAH MEMENUHI SYARAT BERUPA FILE BACKUP SINKRON DAPODIK [BSD] YANG DI UPLOAD ATAU DIKIRIMKAN MELALUI APLIKASI TUNJANGAN PROFESI PADA OPERATOR TINGKAT DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA.

YANG HARUS DIPERHATIKAN TERHADAP BEBERAPA KASUS DATA BERMASALAH :
1. TIDAK TERDAFTAR PADA DAPODIK
Pastikan NUPTK pada aplikasi DAPODIK sesuai dan valid dengan NUPTK pada data kelulusan di Aplikasi tunjangan profesi, atau sebaliknya. Jika terdapat kesalahan segera lakukan perbaikan dan samakan satu dengan yang lainnya.

2. BELUM MENGISI JJM SEMESTER II
Konsultasikan dan pastikan data pada local aplikasi DAPODIK sudah pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014.

3. JJM LINIER KURANG
Pastikan tidak ada kesalahan input data baik dari pengisian PTK pada rombel ataupun penempatan JJM

Pastikan kode mapel pada no peserta yang tertera pada sertifikat sesuai dengan Mata Pelajaran yang di ampu, jika terdapat kesalahan pada No Peserta buktikan dengan :
a. Surat Pernyataan dari pihak LPTK selaku penerbit sertifikat pendidik
b. Formulir A1 (Pendaftaran Peserta Sertifikasi)
c. RPP Pada saat mengikuti Portfolio/Diklat/PLPG

Berikut kami lampirkan Nomor : 26269 /J/LL/2012, Tanggal : 9 Oktober 2012 Mengenai INFORMASI RAMBU-RAMBU PENYESUAIAN/KONVERSI KODE DAN NAMA BIDANG STUDI SERTIFIKASI GURU, Silahkan download DISNI


4. TUGAS TAMBAHAN MELIBIHI KETENTUAN
Konsultasikan kembali pada Dinas Pendidikan terkait tentang regulasi jumlah Tugas Tambahan di masing2 sekolah berdasarkan ketentuan jumlah rombel

5. JJM PADA ROMBEL TERKUNCI
Pastikan tidak ada indikasi memindah atau mengganti atau berganti jam demi pemenuhan beban mengajar bagi 1 PTK dengan PTK lainnya, jika terdapat kekeliruan segera laporkan pada dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan melampirkan :
a. Surat pernyataan Kepala Sekolah tentang terdapat kekeliruan terhadap pengisian dan penempatan PTK pada rombel
b. Pembagian Tugas Mengajar
c. Seluruh dokumen di tanda tangani di atas materai

MENGINGAT MAKIN MENIPISNYA BATAS WAKTU PENERBITAN SK TPP KAMI HIMBAU KEPADA SELURUH PTK, OPERATOR SEKOLAH SERTA OPERATOR TUNJANGAN UNTUK KOOPERATIF MENGINFORMASIKAN DAN SEGERA CARIKAN SOLUSI

Update aplikasi 2.0.8

Update aplikasi 2.0.8
Update aplikasi 2.0.8 hanya bagi yang akan mengupdate data. Aplikasi, struktur dan referensi tidak ada perubahan. Versi ini akan berakhir di akhir bulan juli, seiring dengan tahun ajaran baru akan direlease aplikasi dapodik generasi ke 3.

Bagi sekolah yang datanya sudah valid, tidak perlu mengupdate ke 2.0.8. Tunggu versi 3.0.0 saja di tahun ajaran baru.

Sumber : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/

Periksa Kembali Data Sekolah anda yang memiliki rombel dan PTK yang ganda

Periksa Kembali Data Sekolah anda yang memiliki rombel dan PTK yang ganda
Berikut ini adalah daftar sekolah yang masuk ke dalam rule validasi.
Daftar Sekolah/ Rombel GANDA
PTK Ganda

  • Bagi Sekolah yang di deteksi memiliki rombel yang berganda pada tahun ajaran yang sama (Semester1/Semester2) operator sekolah mohon untuk dihubungi dan diklarifikasi.
  • Sekolah yang dideteksi memiliki PTK yang berganda dari kesamaan nama dan NUPTK Cara tindak lanjutnya sebagai berikut:
    • Periksa di web infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id untuk memastikan data duplikat tadi
    • Hubungi operator sekolah untuk mengecek datanya dilokal aplikasi
    • Lakukan sinkronisasi dan periksa datanya jika berganda hapus salah satu lalu sinkronkan kembali
    • Jika tidak berganda namun di web info pendataan berganda lakukan generate ulang prefill untuk sekolah tersebut lalu registrasikan sesuai dengan prosedur instalasi dan periksa kembali isi datanya jika ada yang berganda hapus salah satu lalu kirimkan kembali (sinkronisasi) melalui aplikasi Dapodikdas yang telah di upgrade ke versi 2.08.
    • Pacth versi 2.08 bisa di download DISINI