6/30/2014

Hal yang Harus Dipahami Saat Menggunakan Alat Pembelajaran

Alat pembelajaran merupakan sebuah komponen yang diperlukan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Dengan adanya alat pembelajaran tersebut maka kegiatan pembelajaran akan dapat berjalan dengan lebih baik dan para peserta didik  dapat lebih mudah dalam memahami pelajaran yang mereka terima. Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh tenaga pendidik saat menggunakan sebuah alat pembelajaran ini. Seperti di antaranya adalah.


  1. Setiap tenaga pendidik harus mengerti bahwa setiap alat pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing sehingga hal ini membuatnya tidak dapat dibandingkan satu sama lainnya. Atau dapat kita katakan bahwa tidak ada satupun alat pembelajaran yang dapat kita katakan sebagai yang terbaik karena masing-masing memiliki fungsi yang jelas berbeda.
  2. Seorang tenaga pendidik harus memiliki kecakapan khusus dalam menggunakan alat pembelajaran. Yang dimaksud dengan kecakapan di sini adalah kemampuan seorang tenaga pendidik dalam melihat kondisi yang ada dalam kegiatan pembelajaran agar dapat menggunakan alat pembelajaran secara maksimal.
  3. Seorang tenaga pendidik harus memahami karakter dan juga potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Tenaga pendidik tersebut harus mengenali tipe dari masing-masing peserta didik yang diajar. Seperti contohnya, ada tipe peserta didik yang lebih menyukai visual, maka sebaiknya seorang tenaga pendidik menggunakan media visual untuk memperjelas apa yang disampaikannya, misalkan dengan menggunakan gambar atau poster. Demikian juga dengan peserta didik yang lebih kuat audionya maka diupayakan untuk menggunakan media audio sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.
  4. Perlu untuk ditekankan bagi setiap tenaga pendidik. Bahwa apa pun alat  pembelajaran yang digunakan olehnya, tujuan akhir dari penggunaan alat pembelajaran tersebut adalah pemahaman yang baik bagi peserta didik. Karenanya perlu dimengerti oleh setiap tenaga pendidik, jangan memaksakan untuk menggunakan media pembelajaran tertentu yang tidak bisa diterima oleh tenaga pendidik karena hal tersebut justru akan membuat para peserta didik menjadi tidak paham terhadap apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Dan demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda semua terkait dengan hal yang harus dipahami saat menggunakan alat pembelajaran. Semoga beberapa ulasan yang saya sajikan di atas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya!
Previous Post
Next Post

0 komentar: