4/13/2015

Materi Pendidikan Karakter ppt



Salah satu materi yang sangat penting untuk diajarkan di sekolah adalah pendidikan karakter ppt. Pendidikan karakter ini adalah materi yang sangat penting terutama daalah pendidikan formal ini. Berbagai macam bentuk pendidikan karakter bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam pendidikan formal maupun pendidikan informal. Hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bisa jadi pelajaran yang sangat penting guna membentuk karakter seseorang. Pentingnya pendidikan karakter ini adalah dalam hal mengarahkan seseorang dalam menjalan kehidupannya sehari-hari. 

Mengajar Melalui Pendidikan Karakter ppt

Karakter yang dimaksud disini adalah sifat dan perilaku individu dan reaksinya terhadap berbagai fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga yang berpendapat bahwa karakter adalah suatu bentuk kepribadian seseorang. Karakter ini dibentuk sejak seseorang itu lahir dan tumbuh secara perlahan-lahan. Karakter ini tidak boleh dibiarkan berkembang begitu saja, namun harus diarahkan dengan baik agar seseorang (terutama anak-anak) tahu tentang hal yang benar dan hal yang salah, serta bagaimana bertindak dan mengambil keputusan dalam suatu situasi tertentu. Dalam pendidikan formal, pendidikan karakter bisa diajarkan melalui pendidikan karakter ppt atau melalui slide dalam presentasi power point. Presentasi ini harus dibuat secara sistematis dan mudah untuk dimengerti tentunya. 

Pendidikan karakter berbeda pada setiap usia perkembangan karena tingkat kecerdasan dan pengetahuannya berbeda pula. Pendidikan karakter juga berfungsi untuk mengembangkan potensi dalam diri seseorang, baik itu potensinya dalam hal kecerdasan, pola pikir, kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Itulah yang menjadi pondasi terkuat bagi seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Karena hal-hal tersebut akan membuatnya memiliki pandangan subjektif terhadap suatu permasalahan tertentu. Inilah hal-hal yang agaknya harus diketahui oleh para pendidik dan dalam pembuatan pendidikan karakter ppt

Pada intinya pendidikan karakter adalah untuk mengorientasikan seseorang agar orang tersebut dapat memposisikan dirinya sendiri dalam berbagai macam fenomena dan problematika kehidupan sehari-hari. Pembelajaran pendidikan karakter dalam pendidikan formal sendiri harus terkonsep dengan baik, baik itu dalam pembelajaran secara langsung dan pemahaman misalkan dengan presentasi pendidikan karakter ppt, maupun secara praktek.
Previous Post
Next Post

0 komentar: