12/16/2014

Membuat Rangking Otomatis di Excel

Beberapa waktu lalu aku kedatangan teman seorang guru dan ia menjadi wali kelas di kelas 4 dan 5 di tempat ia mengajar, setelah basa basi ngobrol ngalor ngidul akhirnya temenku menyampaikan keluhan bahwa dia sedang menggarap raport siswanya dan tinggal mencantumkan Rangking dari masing2 muridnya akan tetapi ia tidak dapat menghitung nilai yang ada untuk menentukan Rangkingnya secara otomatis, nah akhirnya aku kasih saran kepadanya untuk membuat Rangking Otomatis dengan menggunakan Excel, pada intinya ia tidak tahu bahwa di excel bisa juga untuk menentukan rangking secara otomatis singkat cerita ia mintak diajari caranya kepada saya, "wah ganteng2 gini saya jadi gurunya guru dong" hehehe.....

dari situlah sobat aku berinisiatif untuk berbagi pengalaman ini dalam postingan di GFT kepada pembaca sekalian mudah-mudahan berguna...

Ok lansung saja.......

Dalam Dunia Excel dikenal Formula Rank atau Fungsi Rank, Fungsi Rank adalah suatu fungsi untuk menentukan posisi atau rangking dari suatu bilangan yang terdapat dalam daftar atau sekelompok data dan rumus yang digunakan adalah :

=RANK(number,ref,order)

Keterangan:

number, adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus dibawah sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel M13)

ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $U$13:$U$22)

Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jila diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1. Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0.

Perhatikan Gambar Studi Kasus dibawah ini :


Dengan Studi kasus pada gambar diatas maka rumus jadinya adalah :
=RANK(M13;$M$13:$M$22;0)

M13 adalah posisi dimana terdapat suatu nilai untuk kita ketahui rangkingnya setelah kita bandingkan dengan nilai lainnya dalam daftar tersebut (perhatikan M13:M22)

Sedangkan angka 0 (nol) untuk menunjukkan urutan secara Descending atau mengurutkan suatu nilai dimulai dari nilai yang terbesar sampai nilai terkecil. Selanjutnya Copy Paste rumus tersebut kebawah dan akan menghasilkan Rangking Otomatis seperti gambar berikut :


Demikian sobat Cara Menentukan Rangking Otomatis di Excel semoga bermanfaat.......

Terimakasih.........
Previous Post
Next Post

0 komentar: