12/07/2014

Mendikbud : Orang Tua Pendidik Terpenting yang Tidak Disiapkan

Jakarta, Kemendikbud --- Revolusi mental dalam pendidikan menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan harus melibatkan berbagai pihak. Orang tua menjadi salah satu bagian terpenting dalam menyiapkan revolusi mental tersebut, karena yang menyiapkan anak untuk masuk ke dalam lingkungan pendidikan adalah orang tua.

“Orang tua merupakan pendidik terpenting yang tidak disiapkan,” ujar Mendikbud saat memberikan sambutan pada acara silaturahim dengan kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia Senin (1/12/2014) di gedung Ki Hajar Dewantara, Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Mendikbud menjelaskan bahwa peran orang tua untuk ikut terlibat dalam pendidikan anak menjadi salah satu penentu dalam membentuk karakter anak. Pembentukan karakter tersebut pada akhirnya dapat mengubah perilaku belajar anak menjadi lebih baik. “Selain guru, orang tua juga harus terlibat, tolong kita beri pengertian, orang tua harus aktif, orang tua tidak boleh diam,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Mendikbud mengatakan bahwa untuk mengembangkan pendidikan kita harus memiliki tujuan yang besar, impian yang tinggi karena bila tidak kita akan cepat puas terhadap hal kecil yang sudah diraih saat ini. “Yang saya takutkan bukan tidak berhasil meraih mimpi, yang saya takutkan adalah berhasil meraih mimpi, namun mimpi tersebut terlalu rendah,” ujar Mendikbud. (Harriswara Akeda/sumber: portal kemdikbud/pengunggah: Erika Hutapea)
Previous Post
Next Post

0 komentar: