12/31/2014

PETUNJUK TEKNIS AP2SG-PPGJ TAHUN 2015

Aplikasi penetapan peserta sertifikasi guru (AP2SG) tidak mengalami banyak perubahan dengan AP2SG tahun sebelumnya, tampilan dan perilakunya tidak banyak perubahan. Dokumen yang perlu dibaca sebelum juknis ini adalah alur_data_ap2sg15.pptx, yaitu penjelasan alur data penetapan calon peserta. Dokumen terkait juknis dapat di download melalui tautan dokumen di AP2SG.

Calon peserta dikategorikan dalam kelompok berikut :

  1. PLPG 2014, calon peserta yang berasal dari peserta tidak lulus PLPG 2014, yaitu status kelulusan selain Lulus atau Diskualifikasi.
  2. Sertifikasi-2, berasal dari peserta yang sudah pernah memiliki sertifikat pendidik dan mendaftarkan diri untuk mengikuti sertifikasi ke 2.
  3. UKG 2013-2014, kelompok calon peserta yang sudah pernah mengikuti UKG tahun 2013 atau UKG tahun 2014.
  4. Belum UK, calon peserta yang belum pernah mengikuti UKG. baca juga PENETAPAN PESERTA SERTIFIKASI MELALUI PPGJ TAHUN 2015

Kategori status verifikasi AP2SG terdiri dari satatus verifikasi berikut :
  • Belum verifikasi, status awal data di AP2SG
  • Sudah Verifikasi, jika sudah dilakukan perubahan informasi dan perubahan tersebut disimpan.
  • Disetujui Cetak A1, status data berubah menjadi sudah dilakukan persetujuan cetak A1 oleh operator LPMP.
  • Berkas RPL Lengkap, penandaan kelengkapan berkas RPL oleh operator LPMP.
  • Pengajuan Hapus, status verifikasi jika dilakukan penghapusan oleh operator Dinas kab/kota.
  • Hapus, status pengajuan hapus jika sudah disetujui oleh operator LPMP status verifikasi menjadi Hapus. baca PERSYARATAN PESERTA SERTIFIKASI MELALUI PPGJ TAHUN 2015

Sebagai data awal calon peserta di AP2SG adalah calon peserta dari kategori 1, 3, dan 4. Data awal sesuai informasi database NUPTK per tanggal 3 Des 2014. Informasi bidang studi sertifikasi data awal sesuai mapel UKG bagi kategori 3 dan 4, sedangkan kategori 1 sesuai bidang studi sertifikasi pada saat PLPG 2014. Calon peserta yang belum ada pada data awal tersebut dapat ditambahkan melalui fasilitas penambahan calon peserta. Penambahan calon peserta dilakukan oleh operator Dinas kab/kota. Petunjuk teknis prosedur penambahan calon akan tersedia jika fasilitas penambahan sudah dibuka.

Tempat dokumen terkait dan informasi terkini tidak mengalami perubahan. Aplikasi dapat diakses melalui alamat : http://sergur.kemdiknas.go.id/ap2sg.

Untuk panduan langkah selanjutnya silahkan download PETUNJUK TEKNIS AP2SG-PPGJ TAHUN 2015.
Previous Post
Next Post

0 komentar: