3/29/2015

Cara Bimbingan Belajar Anak Usia Dini

Bingung bagaimana caranya agar anak selalu bicara jujur dan mau terbuka kepada orangtua. Kebanyakan anak jika melakukan kesalahan pasti akan menutupi kesalahannya dan berusaha untuk menyembunyikannya dari orangtua.  Akan sangat membanggakan jika anak selalu mencurahkan perasaannya kepada orang tua, bukan kepada orang lain. Tapi bagaimana ya caranya?

Metode Bimbingan Belajar Anak kali ini akan mengulas beberapa hal yang bisa menjadi acuan agar anak bisa lebih terbuka dan jujur kepada orangtua, dan lebih mempercayakan permasalahan yang mereka miliki kepada orangtua daripada harus bercerita kepada orang lain, seperti dibawah ini.
  • Pada saat anak masik kecil ( balita ) biasanya mereka sering bercerita kepada kita. Bercerita tentang teman bermain, barang mainan, ataupun hanya sekedar cerita mengarang bebas sesuai imajinasi mereka.
  • Pada saat mereka bercerita, jangan pernah memotong pembicaraannya. Biarkan mereka bercerita sampai selesai. Meskipun yang mereka ceritakan kadang tidak masuk akal.
  • Perhatikan anak pada saat bercerita, jangan ditinggal atau mendengarkan cerita mereka sambil mengerjakan pekerjaan yang lain. Usahakn fokus pada cerita anak. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan cerita mereka juga diperhatikan.
  • Sesekali bertanyalah ke anak seolah olah memang anda ingin tahu cerita selanjutnya. Hal ini akan membuat anak merasa kalau selama tadi dia bercerita berarti mama mendengarkan dan paham dengan ceritanya.
  • Jika anak bercerita ke mama kalau tadi habis berantem bersama teman, jangan langsung dimarahi. tanyalah dahulu apa penyebab perkelahian. Berikan solusi kepada anak atau bilang dengan nada yang halus kalau hal seperti itu jangan sampai terulang lagi. Jika anak langsung dimarahi, bisa jadi besok-besok anak tidak akan berani bercerita jujur kepada mama tentang hal yang dialaminya. Dalam hati mereka pasti akan menyimpulkan sendiri " jika aku bercerita sama mama, pasti mama akan marah ".
  • "Ssssstttt.....ini rahasia ya mah". Jika anak sudah memberitahu  "warnning " kalau cerita yang baru saja diceritakan adalah rahasia, maka jangan sekali-sekali mama menceritakan kepada orang lain. Ini akan membuat anak merasa percaya kepada mama. Jadi apabila sewaktu waktu ada cerita atau kejadian rahasia maka dia tidak akan segan - segan untuk bercerita kepada anda.
  • Tunjukan beberapa sentuhan misalnya melakukan TOS dengan tangan tanda kekompakan
  • Beri isyarat dengan kedipan mata jika melarang secara halus, beritahu kalau tindakan yang dilakukan salah

Kesimpulannya : Apabila beberapa point mengenai Metode Bimbingan Belajar Anak diatas ditanamkan kepada anak sejak dia masih kecil, sudah bisa dipastikan nanti pada saat dewasa, anak juga akan tetap sama. Akan memilih orangtua sebagai "teman curhat" daripada kepada orang lain yang belum terjamin bisa menjaga kerahasiaan dan belum tentu bisa memecahkan permasalahan yang ada.
Previous Post
Next Post

0 komentar: