3/05/2016

Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI)

lembar observasi ptk
Bagaimana mengamati pengelolaan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI - Problem Based Instruction)?

Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI) 

Contoh lembar observasi atau lembar pengamatan pengelolaan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI – Problem Based Instruction) ini dibuat berdasarkan sintaks (tingkah laku mengajar/langkah-langkah), lingkungan belajar, dan sistem pengelolaan model pembelajaran tersebut. Semua item dibuat pada lembar observasi/ lembar pengamatan pengelolaan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI – Problem Based Instruction) ini adalah berdasarkan kajian teoritis tentang model tersebut.

Format yang diberikan di sini hanyalah contoh, anda dapat memodifikasi sesuai kebutuhan anda untuk penelitian tindakan kelas (ptk) atau kegiatan lesson study yang mungkin sedang anda/ kelompok kerja anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Contoh: 

LEMBAR OBSERVASI 

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH 

(PROBLEM BASED INSTRUCTION – PBI) 


Petunjuk: 
  • Pengamat mengambil tempat strategis di dalam kelas sehingga dapat mengamati pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik tanpa mengganggu proses belajar-mengajar yang sedang berlangsung. 
  • Pengamat memberikan skor pada setiap item pengelolaan yang tersedia pada tabel pengamatan. 
  • Bila pengamat menemukan hal-hal penting lain terkait pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah ini, tetapi tidak terakomodasi pada tabel, dapat menuliskannya pada tempat yang tersedia di bawah tabel.
NoFaseTingkah Laku
Guru
Tidak Dilaksana
kan
Dilaksana
kan
Skor
1.Orientasi siswa kepada
masalah
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran
    ...
    ..Guru menjelaskan logistik/alat
    /bahan yang dibutuhkan
      ...
      ..Guru memotivasi siswa agar
      terlibat nanti dalam kegiatan
      pemecahan masalah yang dipilih
        ...
        2.Mengorganisasikan siswa
        untuk belajar
        Guru membantu siswa
        mendefinisikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah
          ...
          ..Guru membantu siswa
          mengorganisasikan tugas belajar
          yang berhubungan dengan masalah
            ...
            3.Membimbing penyelidikan individu maupun kelompokGuru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
            yang relevan
              ...
              ..Guru membimbing siswa
              melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan pemecahan/
              penjelasan atas masalah
                ...
                4.Mengembangkan dan
                menyajikan hasil karya
                Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan
                hasil karya seperti laporan,
                poster, video, atau model
                  ...
                  ..Guru membantu siswa
                  berbagi tugas
                    ...
                    5.Menganalisis dan
                    mengevaluasi proses
                    pemecahan masalah
                    Guru membantu siswa untuk
                    melakukan refleksi terhadap
                    penyelidikan mereka
                      ...
                      ..Guru membantu siswa
                      melakukan refleksi proses-
                      proses yang telah mereka
                      lakukan dalam memecahkan masalah
                        ...
                        Catatan Lain tentang pengelolaan pembelajaran: 
                        ................................................................................................................................
                        ................................................................................................................................ 

                        ................................................................................................................................
                        ................................................................................................................................ 
                        ................................................................................................................................
                        ................................................................................................................................ 

                        Skor 1 = sangat kurang
                        Skor 2 =  kurang
                        Skor 3 = cukup
                        Skor 4 = baik
                        Skor 5 = sangat baik

                                                                             Banjarmasin, ........ Desember 2012
                                                                             Pengamat,


                                                                             ................................................
                                                                             NIP

                        ===
                        Demikian Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI - Problem Based Instruction). Semoga bermanfaat.



                        Previous Post
                        Next Post

                        0 komentar: