4/16/2016

Download Soal Lomba Dokter Kecil Sekolah Dasar

Download Soal Lomba Dokter Kecil Sekolah Dasar - Dokter Kecil adalah siswa yang memenuhi criteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.Pertumbuhan dan Perkembangan anak harus selalu diperhatikan, terlebih anak usia sekolah dasar. Hal ini karena jika anak sakit maka akan mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah karena konsentrasi anak menjadi berkurang.

Maka dari itu diperlukan  suatu upaya terpadu lintas program dan lintas sektor yang tercakup dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang merupakan bagian dari program anak usia sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat peserta didik yang berada di sekolah. Upaya strategis dalam melibatkan peran serta aktif masyarakat sekolah melalui pendekatan kelompok teman sebaya" (peer counselor) dengan mempersiapkan peserta didik menjadi penggerak perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik disekolah, keluarga dan masyarakat sekitarnya.
wimaogawa.blogspot.com

Program Dokter Kecil adalah salah satu program yang dikembangkan oleh UKS. Gunanya adalah untuk memperkenalkan program UKS dari anak ke anak yang salah satu kegiatannya adalah Lomba Dokter Kecil. Tujuannya adalah agar senantiasa tertanam hidup bersih dan sehat dalam diri anak usia sekolah dan harapannya agar menjadi teladan bagi teman di Sekolah.

 Tugas dan kewajiban dokter kecil

  • Selalu bersikap dan berperilaku sehat.
  • Dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
  • Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.
  • Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.
  • Berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan ,antara lain : Pekan kebersihan, Pekan Gizi, Pekan Penimbangan BB dan TB di sekolah, Pekan Kesehatan Gigi, Pekan Kesehatan Mata, dan lain-lain.

Download Soal Dokter Kecil Sekolah Dasar

Link download di atas menggunakan google drive sehingga mudah untuk didownload. Demikian Soal-Soal Lomba Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar, semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: