6/28/2016

5 MANFAAT TIDUR SIANG SAAT BERPUASA

Puasa bukanlah sebuah hal yang bisa menghalangi anda untuk beraktivitas dan bekerja. Meskipun memang pada saat puasa dipastikan anda akan merasakan lesu dan lemah. Namun, jika anda telah menyelesaikan pekerjaan anda maka anda pun disarankan untuk melakukan istirahat dengan bobo atau tidur siang. Pasalnya tidur siang saat puasa sendiri akan memberikan anda manfaat kesehatan yang sangat baik.
Tidur Siang
Tidur Siang
Tidur siang adalah kegiatan yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang dapat didapatkan dari tidur siang untuk kesehatan :
Memori jadi Lebih Kuat
Banyak artikel atau literatur yang menyebutkan kalau aktivitas istirahat tidur siang dapat membuat memori ingatan manusia menjadi lebih kuat. Walau tidak berdurasi tidak begitu lama yakni cuma 20 hingga 30 menit dalam sekali tidur siang, namun hal ini akan berdampak pada kemampuan kognitif seseorang dalam mengingat sesuatu.
Membuat Tekanan Darah Normal
Pada saat orang tertidur akan membuat kardiovaskular bisa menurun, dan secara otomatis tekanan darah manusia pun akan menurut setidaknya hingga 37 persen. Hal ini sendiri seperti apa yang dituliskan dalam sebuah studi berjudul Journal of Applied Physiology.
Syaraf jadi Tenang
Pada saat seseorang tertidur di siang hari, maka secara otomatis sistem syaraf pun akan bekerja dengan tenang. Pasalnya dalam keadaan tertidur sendiri manusia dipastikan tidak mengerjakan atau berfikir tentang apapun yang bisa membuat syaraf menjadi lebih tegang. Hal ini dikemukan dalam sebuah study yang dilakukan oleh University of Barkley.
Bertambahnya Semangat
Semangat dipastikan akan kembali muncul ketika orang tersebut bangkit dari tidurnya atau bangun tidur. Pasalnya tidur sendiri akan membuat tenaga menjadi pulih. Sehingga untuk melakukan kembali pekerjaan tertentu akan lebih bergairah.
Konsentrasi Bertambah
Dengan mengacu pada poin dimana syaraf akan tenang pada saat orang selesai tidur siang, maka hal ini pun juga kembali berhubungan dengan sistem konsentrasi. Jika syaraf tenang, maka konsentrasi seseorang pun dipastikan akan juga bertambah.
Demikian uraian mengenai manfaat tidur siang, oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda sempat melakukannya maka tidur lah. Apalagi dalam keadaan berpuasa, tidur merupakan salah satu bentuk ibadah di sisi Allah SWT.
Previous Post
Next Post

0 komentar: