Pada posting kali ini, kami akan menyuguhkan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Picture Word Inductive Model ini. Ini barangkali akan bermanfaat bagi guru-guru yang ingin mencobakan model pembelajaran untuk mengajar bahasa ini.
Sebagaimana kita ketahui, bagi kebanyakan siswa kelas rendah (TK hingga Kelas 2 SD) yang merupakan pembaca dan penulis pemula, Picture Word Inductive Model yang dikembangkan oleh Calhoun pada tahun 1998 merupakan kegiatan yang dapat memberikan kepuasan dan kegembiraan. Siswa akan menikmati saat-saat mereka menemukan obyek-obyek atau tindakan-tindakan yang terdapat di dalam gambar (carta berupa gambar), melihat kata-kata dan kalimat-kalimat yang mereka buat terekspresikan di dalam carta, mengelompokkan kata-kata dan kalimat-kalimat, dan menemukan konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi penting dalam keterampilan berbahasa. Model Pembelajaran Induktif Gambar Kata atau PWIM (Picture Word Inductive Model) ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena merupakan salah satu model pembelajaran berbasis inkuiri.
Nah, selanjutnya ingin tahu bagaimana sebenarnya langkah-langkah pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran induktif gambar kata (Picture Word Inductive Model) ini. Berikut ini diberikan urutan langkah-langkah (sintaks) mengajar menggunakan model pembelajaran ini.
Sebagaimana kita ketahui, bagi kebanyakan siswa kelas rendah (TK hingga Kelas 2 SD) yang merupakan pembaca dan penulis pemula, Picture Word Inductive Model yang dikembangkan oleh Calhoun pada tahun 1998 merupakan kegiatan yang dapat memberikan kepuasan dan kegembiraan. Siswa akan menikmati saat-saat mereka menemukan obyek-obyek atau tindakan-tindakan yang terdapat di dalam gambar (carta berupa gambar), melihat kata-kata dan kalimat-kalimat yang mereka buat terekspresikan di dalam carta, mengelompokkan kata-kata dan kalimat-kalimat, dan menemukan konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi penting dalam keterampilan berbahasa. Model Pembelajaran Induktif Gambar Kata atau PWIM (Picture Word Inductive Model) ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena merupakan salah satu model pembelajaran berbasis inkuiri.
Nah, selanjutnya ingin tahu bagaimana sebenarnya langkah-langkah pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran induktif gambar kata (Picture Word Inductive Model) ini. Berikut ini diberikan urutan langkah-langkah (sintaks) mengajar menggunakan model pembelajaran ini.
Langkah-Langkah (Sintaks) Picture Word Inductive Model
1. Pilihlah sebuah gambar
Untuk pemilihan gambar, harus diperhatikan gambar yang dipilih adalah gambar yang akrab (familiar) dengan siswa anda. Gambar dapat berupa foto, lukisan, kartun, atau apa saja, yang penting mempunyai makna bagi siswa. Sebaiknya pula gambar memiliki tema tertentu yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada. Gambar berukuran cukup besar (carta) sehingga dapat dilihat oleh seluruh siswa di dalam kelas anda.2. Identifikasi bagian-bagian gambar.
Dalam kegiatan pembelajaran, mintalah siswa mengidentifikasi apa yang yang dapat mereka lihat dari gambar yang dipajang di papan tulis. Minta mereka memperhatikan dengan seksama setiap detail gambar, baik berupa obyek, kejadian, situasi, maupun tindakan-tindakan. Beri waktu beberapa menit bagi mereka untuk berpikir dan mengidentifikasi bagian-bagian gambar tersebut.3. Beri label (kata)
Beri label pada bagian-bagian gambar yang telah diidentifikasi . (Guru dapat menggambar garis dari wilayah atau obyek yang telah diidentifikasi, menyebutkan nama (kata) , tuliskan kata tersebut, minta siswa mengeja kata tersebut, kemudian minta mereka mengdari obyek, kejadian, situasi, atau tindakan, lalu mengucapkannya dengan lantang).Contoh Gambar yang digunakan dalam Picture Word Inductive Model (PWIM) dan telah diberi beberapa label atau kosa kata oleh siswa |
0 komentar: