10/06/2016

Jadwal UKG 2015 Beserta Rincian Pelaksanaannya

Jadwal UKG 2015 Beserta Rincian Pelaksanaannya - Berdasarkan jadwal pelaksanaan yang telah dibuat oleh LPMP bersama Dinas Pendidikan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 akan dilaksanakan secara online maupun offline antara tanggal 9 sampai dengan 27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia.

UKG tahun ini dilaksanakan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik. UKG diikuti oleh seluruh guru, baik PNS maupun non-PNS, yang sudah bersertifikasi maupun belum sertifikasi. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru bagi guru yang belum sertifikasi.

Untuk Durasi pelaksanaan UKG aplikasi UKG secara online di masing-masing kabupaten/kota berbeda, disesuaikan dengan jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Logikanya, semakin banyak Tempat Uji Kompetensi akan semakin cepat pelaksanaan UKG. Sekedar info saja bahwa dalam satu hari UKG online dilaksanakan menjadi beberapa gelombang, karena mengingat banyaknya peserta UKG 2015.

Tempat Uji Kompetensi (TUK) adalah ruangan yang diusulkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tempat pelaksanaan uji kompetensi guru sesuai dengan persyaratan dan diverifikasi oleh LPMP/PPPPTK/LPPKS/LPPPTK KPTK. Penentuan lokasi TUK disamping mempertimbangkan sarana juga letak geografis yang mudah dijangkau guru.
Baca juga : Kisi-Kisi Materi UKG Tahun 2015 Terlengkap Berisi Semua Mapel
 
wimaogawa.blogspot.com

wimaogawa.blogspot.com

Sedangkan UKG dengan sistem Offline diperuntukan bagi kabupaten/kota kesulitan dalam perihal akses internet. Waktu pelaksanaan UKG offline dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama satu hari. Jadwal pelaksanaannya ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKG online atau setelah UKG online selesai.

Hasil dari UKG digunakan untuk memetakan kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru. Selain itu, UKG juga merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.

Informasi rinci terkait dengan jadwal dan pelaksaan UKG dapat dilihat melalui link di bawah ini :
Jadwal Rinci Pelaksanaan UKG 2015 Sesuai dengan Pedoman UKG 2015

Demikian informasi terkait dengan Jadwal UKG 2015 Beserta Rincian Pelaksanaannya, semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: