11/25/2016

Akreditasi Sekolah Siapa Takut??

Akreditasi Sekolah Siapa Takut?? - Ini pertanyaan yang dihadapi sekolah dikala menuju Akreditasi dan Apa saja yang akan dilaksanakan bila menghadapi Akreditasi? 2 pertanyaan ini yang menggugah Admin untuk mencoba berbagi file yang mungkin bisa dijadikan Bahan atau Persiapan dalam menghadapi Akreditasi. Tapi sebelum itu alangkah baiknya bila kita mengetahui Apakah Akreditasi itu??
Instrument Akreditasi Sekolah
Semua File disimpan di Google Drive

Akreditasi Adalah Bentuk Pengakuan Pemerintah kepada Lembaga Pendidikan (sekolah) baik Negeri maupun Swasta dalam hal penyelenggaraan. Dalam Hal ini, Sekolah diwajibkan menempuh Ketentuan-ketentuan yang harus dilaksakan yang sesuai dengan 8 Standar Pendidikan. Yakni Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, Standar Penilaian dan Standar Sarana Prasarana. Dari Uraian 8 Standar tersebut terdapat point-point yang nantinya dijadikan Penilaian terhadap sejauhmana kesiapan Sekolah dalam melaksanakan Akreditasi yang tentunya untuk peningkatan Mutu Sekoah dan Mutu Pendidikan. 


Akreditasi dilaksanakan Lembaga Pendidikan tiap 4 tahun sekali. Banyak manfaat yang dirasakan bila sekolah telah melakukan Proses Akreditas diantaranya bisa melaksanakan Ujian Nasional disekolah sendiri (untuk tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/SMK Sederajat) dan Untuk Tingkat Perkuliahan yakni minat mahasiswa akan semakin banyak pada jurusan tertentu bila mendapatkan nilai yang bagus yakni A.

Apabila Bapak/ Ibu / Saudara membutuhkan File Instrumen Akreditasi yang mencakup 8 Standar Pendidikan bisa langsung DWONLOAD dibawah ini :

Standar Isi

Standar Proses

Standar Kompetensi Lulusan

Standar Pendidika dan Tenaga Kependidikan

Standar Sarana

Standar Pengelolaan


Standar Pembiayaan


Standar Penilaian


Demikian Paparan Tentang Instrument Akreditasi untuk Lembaga Pendidikan Negeri maupun Swasta. Bila sudah DOWNLOAD file tersebut, Bapak/ Ibu / Saudara sudah siap menghadapi Akreditasi Sekolah dan membuang rasa takut itu. Mudah-mudahan Apa yang www.hendra-skb.blogspot.com bagikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan berguna di masa sekarang ataupun masa mendatang.
Salam Edukasi.!!
Previous Post
Next Post

0 komentar: