11/02/2015

Mengingat Kembali Perbedaan dan Persamaan antara KBK dan KTSP

Persamaan KBK dengan KTSP
  1. KBK maupun KTSP memilki tujuan yang sama terhadap kemajuan dunia pendidikan di indonesia yaitu sama-sama bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia indonesia yang berkompeten dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsa, berbudi pengerti yang luhur, serta bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. KBK maupun KTSP sama-sama bergantung pada materi yang mengacu kepada silabus.
Perbedaan KBK dengan KTSP
  1. Dalam KBK guru lebih aktif  menjelaskan materi dan siswa hanya menanyakan apa saja yang belum dimengertinya,sedangkan KTSP guru cenderung menunggu pendapat siswa sehingga siswa yang lebih aktif.
  2. KBK lebih mengutamakan diskusi kelompok,sedangkan KTSP lebih mengutamakan kelompok kerja sehingga diperoleh kemampuan individu.
  3. KBK membahas dua sub materi setiap pertemuan agar tidak memakan waktu lebih banyak,sedangkan KTSP membahas satu sub materi setiap pertemuan agar lebih efektif dalam pembelajaran.
  4. Jumlah pelajaran KBK lebih banyak daripada KTSP.
  5. KBK alokasi waktu pada setiap pertemuan lebih banyak agar materi yang di ajarkan juga lebih banyak,sedangkan KTSP alokasi waktu pada setiap pertemuan lebih sedikit agar materi yang diajarkan mampu dicerna dengan baik.
Itulah beberapa perbedaan dan persamaan antara KBK dan KTSP, sebenarnya artikel ini dibuat atas permintaan salah satu teman saya yang sedang menyelesaikan tugas kuliah, jadi tidak ada salah nya klo kita semua mengingat kembali, berikut beberapa sampel RPP, SILABUS dll untuk KTSP : 

Previous Post
Next Post

0 komentar: