12/08/2016

Untuk Bendahara Sekolah Saja..!!

File disimpan di Google Drive

Untuk Bendahara Sekolah Saja..!!- Kenapa untuk bendahara saja?? dikarenakan file yang akan dibagikan pada kali ini adalah tentang perumusan RKAS secara manual menggunakan File Microsoft Excel. RKAS seperti biasanya dirusumukan awal tahun pelajaran pada masa-masa libur kenaikan kelas, dikarenkan dalam perumusan ini sangat-sangat memerlukan waktu yang sangat banyak dan membutuhkan Tim Pengembang Sekolah, Komite Sekolah, Kepala Sekolah serta Guru-guru. RKAS ini merupakan tolak ukur sekolah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah. Selain RKAS sekolah juga membuat RKT (Rencana Kerja Tahunan), RKJM (Rencana Kerja jangka Menengah), RKS (Rencana Kerja Sekolah). Ke semua Rencana Kegiatan diatas dirumuskan dari RKAS.

Menurut suvey yang penulis lakukan diwilayah kerja penulis, kebanyakan sekolah kadang membuat RKAS, dikarenakan dalam menyusunnya tidak mengetahui Unit Cost tiap kegiatan sekolah meskipun kegiatannya sering kali dilaksanakan, dan dipengaruhi juga dengan harga barang-barang yang termasuk dalam daftar list pembiayaan yang diperbolehkan dari Dana BOS. Pada Artikel Sebelumnya penulis pernah membagikan File tentang Unit Cost Jilid 1 dan Unit Cost Jilid 2 yang mungkin bisa dijadikan bahan pendukung mempermudah menyusun RKAS.

Mungkin para Bapak/Ibu/Saudara yang membaca Blog ini sering melihat artikel yang kebanyakan membahas Akreditasi dan masalah Keuangan Sekolah, Hal ini dikarenakan Penulis sendiri adalah Operator Sekolah, Bendahara Sekolah dan Pemegang Standar Pembiayaan meskipun Penulis masih berstatus NON PNS. Dan tiada lain untuk membagikan File yang pernah Penulis jalani dan lakukan selama melaksanakan tugas. Langsung saja bagi yang membutuhkan file RKAS manual file excelnya bisa di download dibawah ini :

 https://drive.google.com/file/d/0BzsrGLNCiy_GSVpYVnEwM3hxUDg/view?usp=sharing

   Demikianlah yang dapat penulis bagikan tentang " Untuk Bendahara Sekolah Saja..!!". Mudah-mudahan apa yang di shared pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan berguna.
Salam Edukasi.


Previous Post
Next Post

0 komentar: