11/13/2014

KI-KD Untuk SD/MI dan SMP/MTs

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan telah menerbitkan Kompetensi Inti – Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Selain berisi deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum. 

Dokumen ini juga memuat berbagai tema yang diintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran. Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum. Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. 

pada postingan kali ini akan saya share dan belajar bersama tentang Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SD/MI berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokan ke dalam aspek Sikap, Pengetahuan, danKeterampilan (AfektifKognitif, dan Psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills. Kompetensi Inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui Kompetensi Inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Pada postingan terdahulu pernah kita bahas tentang rumusan Kompetensi Inti (KI), Yuppz... tepat sekali. Ada 4 (empat) Rumusan Kompetensi Inti, yaitu :
  1. Kompetensi Inti 1 (KI.1) untuk Kompetensi Inti Sikap Spiritual.
  2. Kompetensi Inti 2 (KI.2) untuk Kompetensi Inti Sikap Sosial.
  3. Kompetensi Inti 3 (KI.3) untuk Kompetensi Inti Pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti 4 (KI.4) untuk Kompetensi Inti Ketrampilan.
Kompetensi Inti pada jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dirancang sesuai dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Dan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) keempat Kompetensi Inti tersebut harus semuanya ditulis sesuai jenjang Kelas nya masing-masing. Berikut Kompetensi Inti Kurikulum 2013 SD/MI dari Kelas 1 sampai 6.

1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelaslogis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

1.     Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

1.     Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah airdalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dan konseptualdengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptualdalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah airdalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dan konseptualdengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptualdalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas. Bagi yang membutuhkan silahkan download dokumen ini pada link download yang kami sediakan. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 komentar: