12/09/2014

MEMAHAMI KARATERISTIK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK

MEMAHAMI KARATERISTIK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK
MEMAHAMI KARATERISTIK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK

Manusia adalah mahluk individu dan sosial yang memiliki kelemahan dan kelebihan , selain itu .manusia tidak dapat hidup dan tidak berdaya tanpa bantuan orang lain.Bantuan yang di berikan manuisa lain itu sebagai perwujudan bahwa manuisa adalah mahluk sosial , Misal para Guru membantu para orang tua dalam mendidik anaknya .
Anak berperan sebagai peserta didik sehingga guru harus mempunyai tanggung jawab untuk ikut berperan dalam membentuk kepribadian yang lebih baik dan mengajarkan ilmu agar kelak dapat menjadi insan yang berintelektual dan berguna bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya.
Meskipun peran guru ini sebenarnya bukan komponen utama dalam menetukan kepribadian peserta didiknya.
Memahami karateristik kepribadian peserta tidaklah mudah banyak pendapat atau hasil penelitian tentang macam-macam kepribadian peserta didik.Dalam lingkup pendidikan ,salah satunya bertujuan untuk meperlancar proses pembelajaran agar sasaran dan ilmu yang di sampaikan oleh seorang guru dapat maksimal saat di terima masing-masing peserta didik .

Macam - macam Karateristik kepribadian peserta didik menurut Eysneck 1964 ( dalam buchori 1982) menyatakan tipe kepribadian di bagi menjadi tiga , yaitu :


  1. Kepribadian Ekstrovert : dicirikan dengan sifat sosiabilitas,bersahabat,menikmati kegembiraan,aktif berbicara,implusif,menyenangkan spontan , ramah , sering ambil bagian dalam aktivitas sosial
  1. Kepribadian introvert : dicirikan dengan sifat pemalu , suka menyendiri, mempunyai kontrol diri yang baik
  1. Neurosis : dicirikan dengan sifat pencemas, pemurung , tegang , bahkan kadang - kadang disertai dengan simpton fisik seperti berkeringat , pucat dan gugup



Thank you for visiting, good luck for you all...
Previous Post
Next Post

0 komentar: