12/17/2014

Mendikbud Ajak Institusi Pendidikan Jadi Zona Integritas, Zona Bebas Korupsi

Untuk menjadi bangsa yang besar di era saat ini, bangsa yang merupakan bagian dari level internasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mengajak seluruh pemangku pendidikan untuk menjadikan institusi pendidikan sebagai zona integritas dan zona bebas korupsi.

“Hal paling mendasar yang harus kita bereskan hari ini dan mulai dari dunia pendidikan adalah menjadikan institusi pendidikan sebagai institusi yang merupakan zona integritas, zona bebas korupsi. Kalau disitu beres, insya allah ke depannya akan jauh lebih mudah”, tutur Mendikbud pada Seminar Nasional Asean Economic Comunity 2015, di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Mendikbud berharap, ke depan manusia tidak menganggap hal ini sebagai merger factor, dimana muncul gelombang pendidikan di negara Asia seperti pada awal abad ke-20. Saat itu masih banyak orang yang menganggap tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. “Pada awal abad ke-20, peran masyarakat ditentukan oleh latar belakang. Anda anak siapa, menentukan duduk dimana”, jelas Mendikbud.

Setelah munculnya gelombang baru pendidikan, maka bukan latar belakang lagi yang menentukan Anda duduk dimana tetapi latar depan yang menentukan. Oleh karena itu, komponen utama yang harus segera diselesaikan adalah komponen karakter. “Jika kita tidak membereskan komponen karakter ini, maka bangsa Indonesia memiliki PR yang sangat besar”, tuturnya. sumber: portal kemdikbud
Previous Post
Next Post

0 komentar: