12/18/2014

PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA

A. Karya Tulis Ilmiah


       Secara umum , suatu karya ilmiah dapat diartikan sebagai suatu hasil karya di pandang memiliki kadar ilmiah tertentu serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah.Karya ilmiah dapat dikomunikasikan secara tertulis dalam bentuk karangan atau tulisan ilmiah, dapat pula disampaikan secara lisan dalam bentuk pidato atau orasi ilmiah, dan dapat melalui suatu bentuk demontrasi.

pengertian karya ilmiah lebih banyak ditekankan dan difokuskan pada karya ilmiah tertulis dalam bentuk karangan atau Tulisan ilmiah.

        Berbeda dengan karya sastra atau seni , karya ilmiah mempunyai bentuk serta sifat yang formal karena isinya harus mengikuti persyaratan - persyaratan tertentu sesuai kaidah-kaidah ilmiah . Tujuan penulisan karya ilmiah adalah " menyampaikan seperangkat keterangan ,informasi,dan pikiran secara tegas , ringkas dan jelas ( ABC = Accurate,Brief,Clear ) "

B. Jenis Karya Ilmiah
      Berdasarkan tingkat akademiknya, karangan ilmiah dapat dibedakan atas :
  1. laporan " Laporan adalah karangan yang dibuat setelah seseorang melakukan eksperimen , peninjauan atau survei, Observasi, Pembacaan dan Penelaahan buku, Penelitian  dan lain-lain "
  2. Makalah " jenis Karya tulis yang memerlukan studi baik secara langsung atau secara tidak langsung "
  3. Usulan Penelitian
  4. Skripsi
  5. Tesis 
  6. Disertasi

PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA
PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA


  
Thank you for visiting, good luck for you all...

baca juga artikel tentang : Lemahnya Guru dan tenaga kependidikan
Previous Post
Next Post

0 komentar: