3/16/2015

Tips-tips usaha sang operator sekolah/ guru honor

Sekarang admin ingin mencoba sharing tentang Tips-tips usaha sang operator sekolah/guru honor.

Tips yang pertama
Sistem BC/iklan, Berjualan pulsa menggunakan data nomor handphone orang tua siswa. Nah terkhusus operator pasti tau dong bahwasannya data pada dapodik terdapat nomor handphone dan no telephon coba sahabat manfaatkan itu, sahabat bisa kirim BC dengan teks promosi kesemua no hanphone tersebut, dan pembayaran tentunya bisa dititipkan ke anak dari orang tua tersebut.

Tips yang kedua
Sistem Bagi hasil, pada tips ini bisa berjalan lancar terutama pada tingkatan siswa tingkat SMP-SMA karena mereka sudah cukup mampu untuk mengolah uang, caranya rekrut beberapa orang siswa untuk diajak bekerja sama, selanjutnya mereka dijelaskan tentang format sms untuk meminta pulsa, format sms mereka semua tujukan ke no handphone kita, tujuannya adalah untuk mendata pulsa yang keluar dari member-member kita agar memudahkan kita untuk pembukuan, selanjutnya sms mereka kita teruskan ke no handphone server pusat, yang biasa kita bertransaksi pulsa, bayarlah mereka dengan upah yang layak atau dengan persentase yang sesuai, agar mereka semakin bersemangat, yah biar sedikit lama-lama menjadi bukit bukan.

Tips yang ketiga
Menjadi penyalur atau pendistribusi pulsa sederhana, caranya rekrut para member, baik guru maupun siswa, bedanya dengan tips yang kedua kini sistemnya bukan bagi hasil, namun mereka membeli saldo dari kita, nah apa keuntungan bagi kita? Keuntungan akan didapatkan ketika para member bertransaksi pulsa yang menggunakan saldo yang dibeli dari kita. Istilah ini disebut downline, mungkin sahabat V-id sudah hafal, namun bisa dijadikan salah satu tips yang cukup menghasilkan bukan.

Sebagai contoh pada tips no tiga ini, misal sahabat mempunyai 20 member rata-rata transaksi member perhari 10 dan sahabat bebankan biaya transaksi Rp.100 maka perhitungannya sebagai berikut Rp.100 X 10trx X 20 = Rp. 20.000/hari itu perhitungan sederhana, yang bahkan bisa lebih, yang kita tidak perlu pembukuan, tidak bertransaksi, biar sitem yang berjalan.

Dan Tips yang ke empat
Sistem Setoran, jika sahabat memiliki banyak modal, maka saran saya cari siswa atau guru rekanan sahabat yang bisa dipercaya, modali mereka berjualan pulsa tanpa harus mereka mengeluarkan uang, keuntungan dari mana? Keuntungannya kita terapkan sistem tips no 3, yaitu downline, jadi konsepnya pulsa dijualkan terlebih dahulu setelah laku dan habis makan baru member membayar.

Kelamahan dari ke tiga tips diatas

Tips no 1 kelamahannya
Kita harus bisa promosi, dengan bahasa yang baik dan memikat, ingat jangan mmembuat calon pembeli merasa terganggu dengan BC kita, jujur diutamakan.
Kalo Sumber daya kita hanya disekolah, jumlah siswa menjadi penentu, dari persentase hasil BC kita maksudnya semakin banyak siswa pastinya persentase keberhasilan akan semakin luas.
Kita harus siap sedia bertransaksi kapapun, agar pelanggan tak kecewa.

Pada tips yang no 2 ini, Biarpun keuntungannya cukup besar namun dibarengi dengan berbagai kekurangan yang cukup besar pula J lho yaitu:
member sangat menentukan, terutama dari pembukuan dan kefahamman tentang tata cara bertransaksi pulsa, maka dari itu peranan kita sebagai penyalur harus bisa mengarahkan.
Repotnya kita melakukan pembukuan, semakin banyak member dan semakin banyknya yang melakukan transaksi maka kita dituntut untuk lebih teliti dalam pembukuan, karena kita harus mengurangi mis data, antara data pembukuan kita dengan para member.
Repotnya meneruskan pesan transaksi member ke nomor server pusat, saya sarankan terkhusus yang menggunakan handphone android, BB, Iphone, dan smartphone lainnya, gunakan aplikasi penerus pesan otomatis, disitu kita seting no mana saja yang akan di teruskan otomatis.
Saran gunakan lah server yang menyediakan website transaksi, disitu kita akan mendapatkan info tentang transaksi yang kita dan member lakukan.

Kelemahan tips no 3
Kelemahanny Hanya sekedar stok pulsa yang cukup besar, karena kita tidak memiliki keterkaitan transaksi dengan member, kita hanya menambahkan biaya transaksi ke semua member kemudian biarkan sistem yang berjalan.
Saran gunakanlah sistem server pulsa dari online yang terpercaya, jika butuh reverensi bisa kontak saya.
Dan yang lebih baik plus sahabat banyak waktu gunakanlah sistem H2H, via yahoo messenger, keuntungannya lebih murah, berbeda dengan transaksi sms.

Kelemahan Tips no 4
Pastinya modal yang cukup besar.
Kepercayaan
Ketelitian harus tetap dijaga, terkhusus hutang piutang dengan member yang membeli saldo.
Terakhir Semua kekurangan tips no3 berkaitan dengan no empat

Oke demikian tips usaha sambilan untuk operator sekolah/guru honor kali ini, untuk yang punya ide lagi boleh dikembangkan, terima kasih dan semoga bermanfaat
Previous Post
Next Post

0 komentar: