4/14/2015

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KURIKULUM 2013

Assalamualaikum wr wb,,,,Selamat malam rekan-rekan guru semua,,,, setelah beberapa waktu lalu kuambil.com share tentang RPP dan Silabus serta buku kurikulum 2013 SD, kali ini kuambil.com akan share perangkat pembelajaran SD kurikulum 2013 yang terdiri dari berbagai perngkat pembelajaran diantaranya  :

  1. SKL, SK DAN KD SEMESTER 1
  2. SILABUS SEMESTER 1
  3. RPP  SEMESTER 1
  4. PROMES / PROGRAM SEMESTER SEMESTER 1
  5. PROTA / PROGRAM TAHUNAN SEMESTER 1
  6. PEMETAAN KD SEMESTER 1
  7. KKM SEMESTER 1
  8. SKL, SK DAN KD SEMESTER 2
  9. SILABUS SEMESTER 2
  10. RPP SEMESTER 2
  11. PROMES / PROGRAM SEMESTER SEMESTER 2
  12. PROTA / PROGRAM TAHUNAN SEMESTER 2
  13. PEMETAAN KD SEMESTER 2
  14. KKM SEMESTER 2
  15. FORMAT PENILAIAN
  16. BUKU 1
Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar  dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran.  Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai  posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

STRUKTUR KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH
Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:


MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
IIIIIIIVVVI
Kelompok A
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti444444
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan566444
Bahasa Indonesia8810777
Matematika566666
 Ilmu Pengetahuan Alam---333
 Ilmu Pengetahuan Sosial---333
Kelompok B
Seni Budaya dan Prakarya
(termasuk muatan lokal)*
444666
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
(termasuk muatan lokal)
444333
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu303234363636
= Pembelajaran Tematik Integratif

Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
-          Pramuka (Wajib)
-          UKS
-          PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

BEBAN BELAJAR
Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya.Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
Semoga dengan adanya perangkat pembelajaran ini,bapak dan ibu guru semua terbantu dan dalam mengajar jadi lebih mudah,,,
Silahkan klik downloaD untuk mendownload filenya,  DOWNLOAD
Previous Post
Next Post

0 komentar: