4/20/2015

Mengatasi Sifat Pemalu Anak

Tiap diajak bepergian kemana saja pasti tidak bisa lepas dari tangan mama.  Bertemu dengan teman-temannya tidak bisa langsung berbaur dengan temannya.

Apakah putra putri ayah bunda merupakan salah satu yang memiliki sifat seperti itu ?

Pemalu serta rasa percaya diri yang kurang.
Menjadi anak pemalu bukanlah salah satu tahap dari perkembangan anak. Ini terjadi karena faktor dari lingkungan dimana anak teresbut mulai belajar berkembang.  Masing - masing anak memiliki sifat yang tidak sama.

Jangan pernah memberi cap / label anak sebagai anak pemalu.  Belum tentu anak pemalu tidak bisa menyesuaikan dengan lingkungan baru. Semuanya butuh proses. Memang anak yang memiliki rasa percaya diri kurang akan memerlukan proses yang sedikit lama.  Perlu ekstra sabar dalam membimbing mereka.  hal yang tidak diperbolehkan adalah menyebut anak tersebut adalah anak pemalu didepan teman teman ayah bunda atau teman yang lainnya. Hal ini justru akan semakin menurunkan percaya diri si anak.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu agar sifat pemalu anak lama-lama hilang, diantaranya adalah :

1. Perbanyaklah pergaulan anak dengan memperkenalkan putra putri ayah bunda dengan putra putri teman dari ayah bunda. Pada awalnya pasti akan merasa canggung dan kesulitan untuk membaur tetapi jika mereka sudah merasa saling cocok maka akan tercipta suasana yang enak dan nyaman kok.

2. Sebelum memasuki lingkungan baru, berilah sedikit penjelasan tentang siapa saja nantinya yang akan ditemui di tempat yang baru. Jadi paling tidak si anak tidak kaget dan sudah bisa membayangkan gambaran tentang lingkungan baru tersebut.

3. Jangan pernah memaksa anak untuk membaur dengan lingkungan baru. Hal ini justru akan membuat anak menarik diri.  Jadi alangkah baiknya memberi penjelasan secara lembut.

Semoga bermanfaat ya....
Previous Post
Next Post

0 komentar: