4/07/2015

Pengertian dan Manfaat Diskusi



Pengertian dan Manfaat Diskusi
Diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar fikiran, baik dalam kelompok kecil maupun besar, mengenai suatu masalah. Berdasarkan asal katanya, diskusi berasal bahasa Latin, discutio atau discusium, yang artinya 'bertukar pikiran'.

Jenis diskusi
Menurut jenisnya, diskusi terdiri atas diskusi kelompok, diskusi panel, seminar, simposium, dan konferensi. Berikut ini penjelasan masing-masing.
1. Diskusi kelompok adalah diskusi yang melibatkan beberapa orang dalam suatu kelompok yang membicarakan masalah khusus untuk dicari jalan keluarnya.
2. Diskusi panel adalah diskusi yang terdiri atas seorang pemimpin, sejumlah peserta, dan beberapa pendengar. Dalam jenis initempat duduk diatur sedemikian rupa sehingga pendengar dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik. Setelah berlangsung tanya jawab antara pemimpin dan peserta, peserta dan pendengar, pemimpin merangkum hasil tanya jawab atau pembicaraan.
3. Seminar adalah pertemuan berkala yang diadakan oleh seseorang dalam rangka penyelesaian suatu tugas. Tujuannya untuk menemukan jalan keluar atas masalah yang muncul selama pengerjaan tugas itu.
4. Siposium adalah pertemuan ilmiah untuk menegtengahkan atau membandingkan berbagai pendapat atau sikap mengenai suatu masalah yang diajukan oleh panitia. Simposium juga dapat berarti diskusi yang berisikan serangkaian informasi yang akan di presentasikan oleh para pakar, dosen, peneliti, dan penentu kebijakan bidang tertentu.
5. Konferensi adalah pertemuan yang di selenggarakan oleh suatu organisai atau badan resmi sehubungan masalah tertentu.

Manfaat diskusi
Pelaksanaan suatu diskusi memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1. meningkatkan kemampuan berfikir untuk mengatasi atau memecahkan masalah dalam suatu keterbukaan.
2. menambah pengetahuan dan memperluas wawasan.
3. melatih berfikir secara logis dalam menyaimpaikan argunentasi dalam diskusi.
4. mengembangkan keberanian dan percaya diri dalam bebicara di depan forum diskusi.
Previous Post
Next Post

0 komentar: