Baca juga : Panduan Aplikasi Verifikasi Program Indonesia Pintar (PIP)
Program bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar ini ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa/anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan sebagai penanda/identitas untuk menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu terdaftar sebagai penerima bantuan ini baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak lulus SMA/SMK/MA) maupun melalui jalur pendidikan informal dan non formal.
Baca : Perbedaan Kartu Indonesia Pintar Dengan BSM
Program Indonesia Pintar (PIP) mempunyai beberapa tujuan, yaitu :
- Menghilangkan hambatan siswa secara ekonomi untuk berpartisipasi di sekolah sehingga mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang lebih baik di tingkat dasar dan menengah.
- Mencegah anak/siswa mengalami putus sekolah akibat kesulitan ekonomi.
- Menarik anak/siswa yang putus sekolah agar kembali bersekolah.
- Membantu anak/siswa kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran.
- Mendukung penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (9) dan Pendidikan Menengah Universal (Wajib Belajar 12 tahun).
Bagi siswa miskin yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP dapat diusulkan oleh sekolah dengan menggunakan Format Usulan Sekolah (FUS). Kriterianya adalah sebagai berikut :
1) Siswa yang berasal dari rumah tangga Program Keluarga Harapan (PKH);
2) Siswa yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu;
3) Siswa yang terkena dampak bencana alam;
4) Siswa yang terancam putus sekolah;
5) Siswa yang kesulitan ekonomi dengan pertimbangan khusus seperti kelainan fisik, siswa dari orang tua terkena PHK, siswa dari keluarga terpidana, dan anak berada di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS).
- Selanjutnya masukan email dan password yang digunakan dalam Dapodik dan klik login.
- Setelah berhasil masuk klik tombol Penjaringan kemudian input penjaringan PIP, Tunggu proses kemudian pilih Jenjang - Tahun - Semeste 2 - Propinsi - Kabupaten - Sekolah, kemudian pilih siswa yang akan diusulkan sebagai data FUS, klik simpan. (lihat gambar)
NB : Jangan Melakukan Reload Pada Aplikasi karena nantinya akan terjadi error, jika error terjadi sebaiknya logout dulu kemudian login lagi.
Jangan lupa baca juga : Solusi Gagal Login Aplikasi PIP (Program Indonesia Pintar)
Demikian informasi seputar Cara Isi Aplikasi Program Indonesia Pintar (PIP), semoga bermanfaat.
0 komentar: