12/12/2014

Perbandingan Gaji Guru di Indonesia dengan Negara Lain

Kita lihat ke belakang  pada tahun 1994,UNESCO Resmi menetapkan tanggal 5 oktober sebagai hari guru sedunia. Meskipun Unesco menetapkan hari guru tanggal 5 oktober pada tahun 1994 tapi di beberapa negara seperti Brazil dan Chile Misalnya , Hari Guru di Peringati Setiap tanggal 15 Oktober, Sementara singapura memperingatinya setiap tanggal 1 september yang juga di tetepkan sebagai hari Libur Sekolah.

Di indonesia sendiri hari Guru Di peringati pada tanggal 25 Nopember sejak tahun 1994, Berbeda dengan singapura , di indonesia Hari Guru tidak di jadikan hari libur Nasional. Penetapan tanggal 25 September sendiri sebagai hari Guru karena bertepatan dengan tanggal Berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ).
Salah satu bentuk penghargaan terhadap guru adalah pemberian Upah yang layak bagi profesi Guru ,
Perbandingan Gaji Guru di Indonesia dengan Negara Lain
Perbandingan Gaji Guru di Indonesia dengan Negara Lain


Bagimana Perbandingan upah guru antar negara di dunia, Termasuk Indonesia ?
"Seperti di kutip dari THE GUARDIAN , kamis ( 27/11/2014) , dari 30 Negara yang menjadi anggota OECD ( Organisation For Economic Co-operation and Development ) , Swiss adalah negara yang memberikan upah Guru terbesar yaitu US$ 68.820 pertahun Atau sekitar Rp 837 Juta ( Kurs : Rp 12.176/US$ )."

Menariknya , gaji guru di Swiss bahkan lebih tinggi dari rata-rata gaji pekerja di negaranya. yaitu sekitar US$. 50.000 pertahun ,sedangkan di Indonesia  gaji pekerja lebih besar dari gaji Guru  Apalagi guru seperti kita yang bersetatus honorer yang mendapatkan upah dari BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) "

Posisi Swiss diikuti Belanda,Jerman dan Belgia. Indonesia menempati Posisi paling Buncit dengan gaji Guru rata-rata hanya US$ 2.830 atau sekitar Rp 34,4 juta per tahun.


Thank you for visiting, good luck for you all...
Previous Post
Next Post

0 komentar: