12/20/2014

Dua Mobil Tenaga Surya Karya Siswa SMK Diuji Coba Jakarta-Malang

Dua mobil tenaga surya, Suryawangsa 2 dan Giwangkara, karya siswa-siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang, Jawa Timur, dan SMK Hargeulis Indramayu, Jawa Barat, diuji coba dalam perjalanan dari Jakarta-Malang. Dalam perjalanan 1.000 kilometer tersebut, dua mobil masa depan ini akan menyinggahi 20 SMK Muhammadiyah.

Peluncuran dilakukan di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Jumat (19/12/2014), dan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Ketua Muhammadiyah Din Syamsudin, dan siswa-siswa dari SMK Muhammadiyah. Dan sebelum mencapai Malang, dua mobil tersebut akan mampir di Surabaya dan nantinya akan disambut oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sebelum diluncurkan, Mendikbud sempat melakukan test-drive mobil karya SMK Hargeulis Indramayu, Jawa Barat, Giwangkara. Dengan antusias ia menyalakan mobil bertransmisi manual dan berbahan bakar tenaga matahari dan listrik ini. "Mantaaap!" kata Anies saat mobil yang ia kemudikan mulai berjalan.

Meski bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam, Mendikbud mengendarai Giwangkara dengan santai. Setelah merasakan berada di balik kemudi mobil masa depan ini, Mendikbud menyampaikan rasa bangganya. "Kita bangga anak-anak bangsa bisa membuat mobil seperti ini. Kita harus dukung penuh," ungkap Anies sambil mengacungkan dua jempol saat turun dari mobil.

Kehadiran mobil tenaga surya tersebut bermula dari keprihatinan terhadap kelangkaan energi dan kerusakan lingkungan akibat gas buang transportasi. Siswa-siswa tersebut berhasil mendesain mobil berdasarkan tantangan masa depan.

Microbus Solar-car Suryawangsa 2 merupakan tahap ketiga dari proyek solar-car SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang. Uji coba kelayakan dan ketangguhan mobil yang dilakukan saat ini merupakan persiapan sebelum masuk pada tahap produksi masal terbatas pada tahap keempat di 2015-2020.

Project Leader Mobil Suryawangsa 2 Ahmad Muhtadi mengatakan, dengan singgahnya Suryawangsa 2 dan Giwangkara di setiap SMK selama uji coba ini diharapkan dapat menginspirasi para siswa untuk membuat mobil serupa. "Untuk sekolah yang kita singgahi kurang lebih ada 20 SMK. Mereka akan melihat bagaimana mobil tenaga surya ini," katanya. (Aline Rogeleonick)

Previous Post
Next Post

0 komentar: