3/04/2015

DOWNLOAD APLIKASI PENILAIAN KTSP DENGAN 3 MULOK

Semester dua tahun pelajaran 2014/2015 sudah mulai berjalan, dan dengan kembalinya Kurikulum 2006 di semester ini, maka kita juga harus mempersiapkan perangkat administrasi kelas sesuai kurikulum KTSP. Salah satunya adalah cara penilaiannya yang jauh berbeda dengan kurikulum 2013.

Untuk mempermudah pengolahan nilai siswa maka guru bisa memanfaatkan teknologi komputer untuk melakukan olah data. Salah satunya adalah menggunakan program Microsoft Excel.

Dengan Excel kita bisa melakukan olah data dengan lebih mudah tanpa harus menghitung satu-persatu nilai siswa. Apalagi jikalau siswa yang kita miliki cukup banyak maka pekerjaan olah nilai bukan pekerjaan yang ringan.

Dengan sedikit ketrampilan mengoperasikan komputer, semua pendidik harusnya bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Dan akan sangat bermanfaat sekali jika Bapak/Ibu guru yang sudah sertifikasi menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli laptop dan mulai belajar mengoperasikan komputer. Sehingga dapat meringankan pekerjaan sehari-hari.

Beberapa waktu lalu saya sudah share Aplikasi Raport KTSP dengan Absen Harian. Kali ini saya ingin share lagi Aplikasi yang sama. Ada sekolah yang hanya mengajarkan dua mulok (biasanya Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris), ada juga sekolah menambahkan muatan lain seperti Bahasa Arab, BTQ, dan lain-lain. Sehingga ada tiga mulok yang diajarkan di sekolah. Sehingga tidak bisa dimasukkan dalam aplikasi yang terdahulu.

Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk membuat sedikit perubahan dari aplikasi terdahulu. Pada aplikasi ini untuk nilai tugas lengkap untuk semua mapel dan ada tambahan mapel Bahasa Arab.

Saya sadari bahwa aplikasi ini masih jauh dari sempurna, sehingga teman-teman bisa menambah atau mengurangi sesuai keperluan. Untuk itu sengaja aplikasi tidak di kunci agar memudahkan teman-teman untuk mengeditnya.

Tak banyak yang akan saya tulis di postingan ini, semoga Aplikasi ini bisa memberikan manfaatnya. Silakan bagi yang ingin mencoba bisa unduh dari SINI.
Previous Post
Next Post

0 komentar: