3/11/2015

Dampak Negatif Memaksa Anak Untuk Belajar

Anak yang pintar dan berprestasi merupakan harapan bagi setiap orangtua. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak sedikit orangtua yang memaksa anaknya dalam belajar. Lalu, apa dampak memaksa anak belajar? Dan apa yang harus dilakukan orangtua agar anak menjadi gemar membaca dan rajin belajar.

Belajar merupakan kegiatan positif, namun bisa menjadi negatif ketika anak usia dini menjadi sasaran keterpaksaan dalam belajar. Jika anak dipaksa belajar, maka lama kelamaan justru mereka akan membenci belajar.

Anak yang tidak suka belajar juga akan berdampak pada orangtua. Dalam jangka pendek, orangtua akan stres karena memikirkan kemampuan sang anak. Sedangkan dampak jangka panjangnya adalah, anak akan melawan ketika dia dewasa nantinya karena pada saat dia kecil sering dipaksa belajar. Maka dari itu, menumbuhkan minat belajar sangat penting, sebab tidaklah mungkin anak mau belajar jika tidak memiliki minat belajar.

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan dalam mendidik anak agar cinta belajar, yaitu :
1. Kondisi belajar harus menyenangkan.
2. Dalam belajar tidak bisa instan. Semuanya harus melalui proses dan tahapan tahapan.
3. Setiap anak memiliki keinginan dan kemauan yang tidak sama dalam belajar maka dari itu cobalah untuk memahaminya.

Ketiga hak tersebut jika diterapkan maka akan membuat anak memiliki karakter minat belajar. Yang pada akhirnya, anakpun tidak akan menyulitkan orangtuanya.

Suka belajar, suka memperbaiki diri, dan pandai mendengar nasehat orangtua adalah pembelajaran mandiri.
Previous Post
Next Post

0 komentar: